Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tunggu Jadwal SBY, Peresmian Bandara Kuala Namu Diusulkan 27 Maret

Kepastian waktu peresmian Bandara Kuala Namu masih menunggu jadwal dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Adapun, hasil rapat koordinasi antarlembaga stakeholder merekomendasikan peresmian pada 27 Maret 2014.
Bandara Kuala Namu/Bisnis.com
Bandara Kuala Namu/Bisnis.com

Bisnis.com, MEDAN - Kepastian waktu peresmian Bandara Kuala Namu masih menunggu jadwal dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Adapun, hasil rapat koordinasi antarlembaga stakeholder merekomendasikan peresmian pada 27 Maret 2014.

Sekretaris Perusahaan Angkasa Pura II Wasfan Widodo menuturkan, kendati sudah mendapatkan rekomendasi waktu dari koordinasi antarlembaga, tapi peresmian masih harus menyesuaikan dengan jadwal SBY.

Adapun, rekomendasi waktu peresmian ini telah mundur dari usul SBY. Saat berkunjung ke Bandara Kuala Namu awal bulan lalu, SBY menawarkan peresmian Kualanamu pada Februari 2014.

"Kesepakatan rapat mengusulkan ke presiden untuk meresmikan pada 27 Maret 2014. Namun, kami masih menunggu jawaban dari pusat," ujar Wasfan kepada Bisnis, Rabu (12/3/2014).

Masih berdasarkan hasil rapat, rencananya tak hanya Bandara Kuala Namu yang diresmikan, tapi juga Bandara Pekanbaru dan Tanjungpinang. Selain itu, peresmian akan dilakukan di area terminal kargo internasional agar tidak mengganggu pengguna jasa bandara.

Meskipun akan diresmikan dalam waktu dekat, AP II dinilai masih memiliki banyak pekerjaan rumah. Deputi Sekretaris Wakil Presiden Tirta Hidayat, dalam rapat koordinasi menyebutkan agar AP II segera menyelesaikan beberapa masalah, di antaranya peningkatan pelayanan dan masterplan pengembangan bandara tahap kedua, serta pembebasan lahan akses jalan menuju bandara.

Wasfan mengklaim saat ini operasional Bandara Kuala Namu sudah siap sepenuhnya jika diresmikan dalam waktu dekat. Namun, untuk penyelesaian masalah beberapa masalah infrastruktur, pihaknya masih membutuhkan dukungan Pemkab Deli Serdang dan Pemprovsu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper