Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pesawat Malaysia Airlines Hilang: Masih Misteri & Inilah Kasus Serupa

Nasib Malaysia Airlines ( MAS ) Flight MH370 yang hilang di atas Laut Cina Selatan saat terbang dari Kuala Lumpur ke Beijing pada hari Sabtu (8/3/2014) masih merupakan misteri.
Manajemen Malaysia Airlines menjelaskan hilangnya MH370/Reuters
Manajemen Malaysia Airlines menjelaskan hilangnya MH370/Reuters

Bisnis.com, KUALA LUMPUR - Nasib Malaysia Airlines ( MAS ) Flight MH370 yang hilang di atas Laut Cina Selatan saat terbang dari Kuala Lumpur ke Beijing pada hari Sabtu (8/3/2014) masih merupakan misteri.

Tidak ada laporan cuaca buruk dan tidak ada indikasi mengapa pesawat Boeing 777 - 200ER lenyap dari layar radar pada 01:30 setelah meninggalkan Bandara Internasional KL ( KLIA ) di Sepang at 12:41 .

Ahli Aviation bingung bagaimana pesawat bisa lenyap tanpa jejak .

--------------------------------------------------------------------------

-------------------------------------------------------------------------

Sebuah sumber industri penerbangan mengatakan hari ini, Minggu (9/3/2014) bahwa pilot dilatih untuk membuat panggilan Mayday segera setelah mereka mengalami keadaan darurat dan prioritas pertama akan diberikan ke pesawat sehingga dapat mendarat dengan aman .

" Sesuatu yang ekstrim dan tiba-tiba bisa saja terjadi pada MH370, tapi tak menghambat pilot  membuat panggilan Mayday. Hal ini karena Boeing 777 - 200ER yang dilengkapi dengan Controller Percontohan Data Link Komunikasi ( CPDLC ) mengumumkan keadaan darurat," katanya kepada Bernama.

Namun, dengan  tetap berhati-hati, dia mengatakan bahwa kotak hitam dari pesawat akan menjelaskan pertanyaan-pertanyaan yang belum terjawab .

Meskipun tidak ada tanda-tanda hilangnya MH370 itu, pesawat telah bergabung dengan sejumlah insiden pesawat misterius yang belum terselesaikan hingga saat ini.

Kasus Serupa

1. Kasus baru-baru ini yang paling terkenal melibatkan pesawat Air France yang membawa 228 orang dari Brasil ke Prancis yang menghilang setelah terbang dalam  badai parah di atas Samudera Atlantik pada  2009.

Airbus A330 mengirim pesan otomatis empat jam setelah meninggalkan Rio de Janeiro, melaporkan ada arus pendek. Kemudian hilang di tengah laut, di luar ruang lingkup cakupan radar. Pikiran  pada saat itu [pesawat] telah disambar petir .

Puing-puing itu tidak ditemukan sampai dua tahun kemudian, bersama dengan 104 mayat. Mayat 74 penumpang tetap unrecovered, menurut Mirror Online, media yang berbasis di Inggris.

2. Explorer Amerika Amelia Earhart hilang pada  Juli  1939, dalam usahanya untuk mengelilingi dunia. Teori populer  mengatakan bahwa pesawat Earhart jatuh ke laut dan tidak pernah ditemukan, demikian menurut  Mirror.

3. Pesawat A British Amerika Selatan Airways ( BSAA ), Tiger Star, menghilang ketika terbang dari Santa Maria di Azores ke Bermuda pada 30 Jan 1948.

4. Pesawat BSAA lain, Star Ariel, menghilang dalam penerbangan dari Bermuda ke Jamaika pada 17 Januari 1949.

Sebuah kecelakaan, jika terkonfirmasi,  akan menandai insiden paling mematikan  dari pesawat AS- yang dibangun sejak  19 tahun yang lalu. Ini akan menjadi kecelakaan fatal kedua yang melibatkan sebuah Boeing 777 dalam tempo  kurang dari satu tahun .

5. Sebuah Asiana Airlines Boeing 777 - 200ER mendarat di San Francisco pada Juli 2013 , menewaskan tiga penumpang dan melukai lebih dari 180 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper