Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pesawat Malaysia Airline Hilang: Inilah Sosok Pulau Tho Chu

nilah Tho Chu Islands ( Vietnam : quan Djao Tho Chu ) yang diyakini sebagai titik jatuhnya pesawat Malaysia Airlines A-777-200 Sabtu (8/3/2014). Pulau ini merupakan kepulauan di Teluk Thailand. Namun, juga disebut Tho Chau Komune Phu Quoc District , Provinsi Kien Giang, Vietnam .
Ilustra/patdollard.com
Ilustra/patdollard.com

Bisnis.com, JAKARTA - Inilah Tho Chu Islands ( Vietnam : quan Djao Tho Chu ) yang diyakini sebagai titik jatuhnya pesawat Malaysia Airlines A-777-200 Sabtu (8/3/2014). Pulau ini merupakan  kepulauan di Teluk Thailand. Namun, juga disebut  Tho Chau Komune Phu Quoc District , Provinsi Kien Giang, Vietnam .

Ini nama-nama pulau di Th Chu Island (13,95 km persegi), Hòn Cao, Hòn Cao Cát, Hòn Khô, Hòn Mô (or Hòn Cái Bàn), Hòn Nhn, Hòn T and Hòn Xanh. Hòn Nhn titik dasar A1 dari  Vietnam.

--------------------------------------------------------------

------------------------------------------------------------

Selama era Republik Vietnam, Tho Chu Islands berada di bawah administrasi Provinsi An Xuyen. Namun, pulau-pulau historis digunakan untuk membentuk suatu wilayah sengketa antara Kamboja dan Vietnam , kedua negara mengklaim bahwa mereka berada dalam wilayah perairan mereka.

Pada  10 Mei 1975, Khmer Merah menduduki Tho Chu Island dan menculik sekitar 500 warga sipil ke Kamboja , semuanya dibantai . Dari 24 Mei sampai 27 Mei 1975, pasukan Vietnam menyerang penjajah dan merebut kembali pulau itu . Pada  1977 , Khmer Merah menyerbu Tho Chu Pulau sekali lagi, tetapi dikalahkan.

Pada  27 April 1992, di bawah susunan Komite Rakyat Provinsi Kien Giang, enam keluarga dengan jumlah sekitar 30 orang pindah ke Tho Chu Island dan menetap di sana . Pada  24 April 1993, Pemerintah Vietnam memutuskan untuk mendirikan Tho Châu Commune .  

Pada  8 Maret 2014 Malaysia Airlines Penerbangan 370 jatuh di lepas pantai pulau , menurut Vietnam Negara Media . Hal ini diperkirakan telah jatuh sekitar 150 mil dari pulau .

Sumber: Birdlife International in Indochina, IBRU Boundary and Security Bulletin 5, People's Army Newspaper Online, Nhandan Online,Reuters

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper