Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemimpin Eropa Serukan Ukraina Akhiri Kerusuhan

Para pemimpin Eropa terutama Kroasia dan Latvia serta Sekretaris Jenderal NATO Anders Fogh Rasmussen menyerukan diakhirinya kerusuhan di Ukraina.
Demontrans menerobos garis polisi di kota Kiev/Reuters
Demontrans menerobos garis polisi di kota Kiev/Reuters

Bisnis.com, BRUSSEL--Para pemimpin Eropa terutama Kroasia dan Latvia serta Sekretaris Jenderal NATO Anders Fogh Rasmussen menyerukan diakhirinya kerusuhan di Ukraina.

"Hubungan Ukraina dengan NATO akan rusak parah akibat meningkatnya kerusuhan," kata Rasmussen di dalam pernyataannya, Rabu, sebagaimana dikutip Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta, Kamis (20/2/201$.

Pada Selasa dan Rabu dini hari, sedikitnya 26 orang tewas dalam bentrokan di jalanan antara polisi dan pemrotes di Ibu Kota Ukraina, Kiev. Bentrokan tersebut juga membuat ratusan pemrotes dan personel polisi cedera.

Kerusuhan itu menandai glombang bentrokan paling akhir antara demonstran dan polisi dalam percekcokan politik selama hampir tiga bulan.

Kemelut meletus pada November lalu, saat pengunjuk-rasa menyerukan penyatuan negeri tersebut ke Eropa.

Sementara itu, beberapa ribu perusahaan Polandia yang mengeksport barang ke Ukraina secara seksama mengamati situasi di negeri tersebut, demikian laporan pers lokal pada Rabu.

Menurut Kamar Dagang Polandia-Ukraina, dari sebanyak tiga sampai empat ribu perusahaan Polandia yang melakukan bisnis dengan Ukraina, 1.500 perusahaan adalah perusahaan yang melakukan kegiatan ekspor ke negara itu.

Dmitri Schmidt dari Kamar Dagang tersebut mengatakan protes selama tiga bulan dan meningkatnya kerusuhan belakangan ini di Kiev memiliki dampak terbatas atas kegiatan usaha perusahaan Polandia.

Namun dia menambahkan semua perusahaan yang berencana memulai atau mengembangkan usaha dengan Ukraina harus menunggu untuk membuat keputusan akhir sampai situasi jelas.

"Pengusaha menyadari bahwa cepat atau lambat krisis itu akan berakhir dan mereka akan bisa kembali melakukan usaha," kata Schmidt.

Polandia adalah pemasok terbesar kelima barang ke Ukraina. Eksport Polandia ke Ukraina naik 12 persen dari tahun ke tahun pada 2012 dan enam persen selama 11 bulan 2013.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : editor
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper