Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Inilah Hasil Riset LSI: PDI-P Kandidat Pemenang

Partai Golkar dan PDI Perjuangan kini kokoh sebagai calon pemenang pesta demokrasi mendatang.
Megawati dan Jokowi/Antara
Megawati dan Jokowi/Antara

Bisnis.com, JAKARTA -  Partai Golkar dan PDI Perjuangan kini kokoh sebagai calon pemenang pesta demokrasi mendatang.

Demikian hasil riset Lingkaran Survei Indonesia (LSI) yang dinyatakan dalam siaran pers LSI, Selasa (4/2/2014).

Golkar mendapatkan suara responden sebesar 18, 3%, PDI Perjuangan dengan 18,2%, Gerindra 8,7%, Demokrat 4,7%, Hanura 4%. Adapun PKB 3,7%, PPP 3,6%, PAN 3,3%, PKS 2,2%, Nasdem 2%, PBB 0,7%, dan PKPI 0,5%.

Riset ini dilakukan sejak 6-16 Januari 2014 dengan 1.200 responden di 33 provinsi menggunakan metode multistage random sampling bersifat kuantitatif dan tingkat kesalahan atau margin of error ditaksir 2,9%.

Riset itu menjelaskan, kekuatan Demokrat akan berakhir pada Pemilu 2014 karena elektabilitas partai itu hanya 4,7% dan kandidat capresnya rendah.

"Dahlan Iskan hanya memperoleh dukungan 2,5%, Pramono Edhie Wibowo 2,1%, Marzuki Alie dua persen, dan delapan nama capres konvensi lainnya hanya memperoleh dukungan di bawah 2%," ujar Peneliti LSI, Adjie Alfaraby di Jakarta, Minggu (2/2/2014).

Adjie mengatakan menurunnya elektabilitas Demokrat sejak akhir 2011 karena sejumlah kader elitnya terseret kasus korupsi sehingga partai itu dipramalkansulit naik ke papan atas pada pemilu-pemilu selanjutnya.

 Sementara itu Partai Golkar dan PDI Perjuangan kini kokoh sebagai calon pemenang pesta demokrasi mendatang. "Dua partai ini konsisten di posisi satu dan dua. Jadi, kemungkinan pemerintahan 2014 adalah pemerintahan Golkar atau PDIP," ujarnya.

Partai Demokrat menilai survei yang dilakukan Lingkaran Survei Indonesia tidak bisa dijadikan patokan karena diragukan independensinya dalam mengukur tingkat elektabilitas dan kinerja partai di masyarakat.

"Rilis Lingkaran Survei Indonesia tidak bisa dijadikan patokan karena lembaga ini bukan lembaga survei independen murni," kata juru bicara Partai Demokrat Ikhsan Modjo di Jakarta, Senin (3/2/2014).

BACA JUGA

Survei PCI: Ini Daftar Tokoh Yang Berpotensi Saingi Jokowi

Ini Hasil Survei FSI, Jokowi ke-7, Prabowo Pertama

Survei Capres: Lagi-Lagi Jokowi, Teratas Pilihan Pemuda

Survei Capres 2014: Jokowi Lagi-lagi Teratas

Survei Parpol: PDIP Partai Paling Populer

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper