Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Debat Konvensi Demokrat: Jadikan Erupsi Gunung Sinabung Bencana Nasional

Kandidat calon presiden konvensi Partai Demokrat mendesak pemerintah untuk menetapkan bencana erupsi Gunung Sinabung sebagai bencana nasional.n

Bisnis.com, MEDAN--Kandidat calon presiden konvensi Partai Demokrat mendesak pemerintah untuk menetapkan bencana erupsi Gunung Sinabung sebagai bencana nasional.

Salah satu kandidat yang juga anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Ali Masykur Musa menyebutkan penetapan tersebut penting agar pemerintah segera melakukan langkah komprehensif menyelesaikan dan membantu korban pengungsi erupsi Gunung Sinabung.

Selain itu, Ali menyebut bencana ini merupakan bencana lingkungan, akibat pengelolaan yang tidak baik.

Serupa, kandidat capres konvensi lain, Irman Gusman yang juga Ketua DPD, menyebutkan, asprasi korban pengungsi erupsi Gunung Sinabung adalah bantuan langsung dari pemerintah pusat.

Sementara itu, Menteri Perdagangan Gita Wirjawan yang juga mengikuti konvensi ini menyebutkan penetapan bencana nasional tak hanya dapat membantu korban pengungsi selama bencana terjadi, tetapi juga pasca bencana.

"Keluhan utama mereka adalah lahan yang sudah dilapisi debu vulkanik. Lahan banyak tak bisa ditanami lagi. Penetapan ini sebagai bencana nasional dapat menambah alokasi anggaran untuk memfasilitasi bantuan pasca bencana," tutur Gita di sela-sela Debat Bernegara Konvensi Partai Demokrat, Selasa malam (21/1/2014).

Para kandidat capres konvensi Demokrat ini memang telah memasuki babak selanjutnya, setelah penyampaian visi dan misi, yakni berdebat di depan publik.

Debat pertama diselenggarakan serentak di Medan dan Palembang yang berlangsung dua hari. Di Medan, pada hari pertama yakni Selasa malam (21/1/2014), ada enam kandidart capres yang hadir yakni Gita Wirjawan, Hayono ISman, Dahlan Iskan, Ali Masykur Musa, Pramono Edhie Wibowo, dan Irman Gusman.

Adapun, debat akan dilakukan di 11 kota. Selain Medan dan Palembang, debat juga akan digelar di Bandung, SUrabaya, Bali, Jayapura, Semarang, Balikpapan, Ambon, Makassar, dan Jakarta. Penentuan pemenang akan dilakukan pasca debat berdasarkan hasil survei lembaga eksternal.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper