Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Korsel Tawarkan Kapal Patroli Polisi

Korea Selatan menawarkan hibah tiga kapal berbagai jenis kepada Mabes Polri untuk kebutuhan operasi keamanan di perarian Indonesia.

Bisnis.com, JAKARTA --Korea Selatan menawarkan hibah tiga kapal berbagai jenis kepada Mabes Polri untuk kebutuhan operasi keamanan di perarian Indonesia.

Komjen Pol Badrodin Haiti, Kabarhakam Polri mengatakan, hibah baru ditawarkan belum disetujui pimpinan. "Apakah pak Kapolri setuju, nanti masih akan dibicarakan," ujarnya Selasa, (17/12/2013).

Menurut Badrodin, Polri memang membutuhkan pengadaan kapal baru mengingat banyaknya kapal tua yang masih dioperasikan. "Usianya paling lama sekitar 1952-1956," ujar dia.

Kebutuhan pengganti kapal tua mencapai ratusan mengingat luasnya wilayah Indonesia. "Kebutuhan kapal banyak. Kapal patroli tergantung kelasnya. Ada yang tipe A, tipe B atau tipe C. Ya bisa sampai seratus-an," kata dia.

Meski kebutuhan kapal baru tergolong banyak, namun Polri belum memasukkan anggaran pengadaan kapal pada tahun ini. Kemungkinan jika mendesak pada tahun depan. "Ya bisa jadi (tahun depan)," ujar dia.

Badrodin mengatakan, saat ini Polri masih sebatas bertemu dengan sejumlah perusahaan pembuat kapal dari berbagai negara termasuk Belanda.

Polri akan memutuskan pembelian kapal setelah melakukan koordinasi. "Bukan hanya Belanda, ada dari berbagai negara. Kalau ini pihak swasta, mereka menjual bukan hibah," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lukman Daulay
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper