Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Investasi Sumut Capai Rp10,14 Triliun Triwulan III/2013

Badan Penanaman Modal dan Promosi (BPMP) Sumatra Utara mencatat penanaman modal di wilayah itu mencapai Rp10,14 triliun pada triwulan III/2013, melampaui target tahun ini
Sukirno
Sukirno - Bisnis.com 05 Desember 2013  |  12:39 WIB

Bisnis.com, MEDAN – Badan Penanaman Modal dan Promosi (BPMP) Sumatra Utara mencatat penanaman modal di wilayah itu mencapai Rp10,14 triliun pada triwulan III/2013, melampaui target tahun ini.

Kepala BPMP Sumut Purnama Dewi mengatakan sepanjang tahun ini target penanaman modal di Sumut mencapai Rp9 triliun.

Namun, imbuhnya, target tersebut telah terlampaui dengan waktu tersisa tiga bulan hingga akhir tahun.

"Sektor terbesar nilai investasi Sumut didapat dari sektor perkebunan khususnya CPO yang diekspor secara besar ke India," ujarnya, Kamis (5/12/2013).

Dengan melihat kondisi pembangunan di Sumut seperti adanya Bandara Internasional Kuala Namu (KNIA) dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangkei, katanya, investasi di Sumut akan terus meningkat.

Dia menilai dibutuhkan pembenahan mulai dari sektor koordinasi antarlembaga pemerintahan hingga peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) di Sumut.

Dari realisasi investasi tersebut, Penanaman Modal Asing (PMA) masih mendominasi yakni Rp6,694 triliun dan sisanya berupa Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) senilai Rp3,731 triliun.

BPMP mencatat realisasi PMA tahun ini yang mencapai Rp6,694 triliun berasal dari 155 proyek. Jumlah pembangunan tersebut tercatat menyerap tenaga kerja lokal sebanyak 29.186 orang dan 204 orang asing.

Adapun PMA yang mendominasi berasal dari Singapura, Jepang dan Inggris, sedangkan sektor penanaman modal masih berasal dari industri manufaktur dan kelapa sawit.

Sementara itu, dari PMDN yang mencapai Rp3,731 triliun, berasal dari 81 proyek dengan menyerap 18.171 orang pekerja lokal dan 135 orang asing.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

penanaman modal asing pemprov sumut gubernur sumut perusahaan kelapa sawit
Editor : Nurbaiti

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top