Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Krisis Laut China Selatan, AS Tekan China setelah Yakinkan Jepang

Wakil Presiden AS, Joe Biden akan menekan pemimpin China untuk menyepakati zona pertahanan udara yang baru setelah Menteri Pertahanan Chuck Hagel meyakinkan Jepang bahwa negaranya akan terus memberikan bantuan dan mempertahankan operasi militer di kawasan tersebut.
Ilustrasi Provokasi AS/4thmedia.org
Ilustrasi Provokasi AS/4thmedia.org

Bisnis.com, JAKARTA - Wakil Presiden AS Joe Biden akan menekan pemimpin China untuk menyepakati zona pertahanan udara yang baru, setelah Menteri Pertahanan Chuck Hagel meyakinkan Jepang bahwa negaranya akan terus memberikan bantuan dan mempertahankan operasi militer di kawasan itu.

Biden akan memanfaatkan pertemuan  dengan para pemimpin China di Beijing pekan depan untuk menyampaikan kekhawatiran AS terkait dengan peri laku China terhadap Jepang sebagai negara tetangganya.

AS juga akan meminta penjelasan China atas klaimnya terhadap wilayah sengketa yang berada di kawasan Laut China Selatan, menurut satu pejabat yang tidak mau disebutkan namanya terkait dengan rencana wakil presiden itu.

Klaim China atas wilayah udara yang meliputi sejumlah pulau yang juga diklaim oleh Jepang tersebut berpotensi memicu instabilitas kedua negara. Selain akan mengubah status quo di kawasan itu, klaim itu berisiko menimbulkan salah pengertian dan salah perhitungan,” ujar Hagel kepada Menteri Pertahanan Jepang Itsunori Onodera sebagaimana dikutip Bloomberg, Kamis (28/11/2013).

Amerika Serikat kemarin mengirim pesawat pengebom B-52 yang tidak dipersenjatai ke wilayah udara yang disengketakan itu tanpa memberi tahu terlebih dahulu kepada China. Pesawat militer Korea Selatan juga mengirim pesawatnya ke wilayah itu pada 26 November lalu.

Namun, sejauh ini tidak terjadi insiden ataupun peringatan dari China meskipun negara itu mengakui terus memantau pergerakan pesawat yang dinilai telah melanggar kedaulatan wilayah udaranya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper