Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

9 Orang Penyerang Kantor Polisi di Xinjiang Tewas Ditembak

Sembilan orang penyerang bersenjata kapak ditembak mati selama serangan terhadap satu kantor polisi di provinsi bergolak Xinjiang, China, kata media pemerintah Sabtu (16/11/2013).
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, BEIJING - Sembilan orang penyerang bersenjata kapak ditembak mati selama serangan terhadap satu kantor polisi di provinsi bergolak Xinjiang, China, kata media pemerintah Sabtu (16/11/2013).

Para penyerang menewaskan dua petugas polisi tambahan sebelum mereka sendiri ditembak mati, menurut kantor berita Xinhua.

Serangan itu terjadi pada sekitar 05.30 waktu setempat (09.30 GMT) di kota Kecamatan Serikbuya, Kota Bachu, Prefectur Kashgar.

Mengutip polisi, Xinhua mengatakan para penyerang mempersenjatai diri dengan pisau dan kapak dan bahwa dua polisi juga terluka bersama dua orang yang dibunuh. Badan ini tidak memberikan rincian lebih lanjut .
Serangan itu terjadi pada saat ketegangan di Xinjiang berikut akan serangan secara berapi-api di Lapangan Tiananmen, yang Beijing bulan lalu persalahkan pada "teroris" dari provinsi yang didukung oleh pejuang Islamis internasional.

Xinjiang - yang luas, adalah provinsi kaya sumber daya yang terletak di sisi barat China - telah menjadi ajang bentrokan kekerasan, terbaru yang menyebabkan puluhan tewas pada April, Juni dan Agustus tahun ini.

Etnik Uighur, minoritas mayoritas Muslim yang membentuk mayoritas di Xinjiang, secara rutin mengeluhkan pelanggaran atas hak mereka oleh pihak berwenang.

Dalam insiden terbaru, tiga warga Uighur Xinjiang menabrakkan mobil mereka yang memuat tabung bensin ke pintu gerbang Kota Terlarang dalam serangan 28 Oktober yang menewaskan dua orang, selain tiga orang di dalam mobil, dan 40 terluka, menurut polisi China.

Beijing menuduh serangan itu dilakukan kelompok separatis Uighur didukung oleh kekerasan gerilyawan Islam "Gerakan Islam Turkestan Timur." Pihak berwenang, tidak memberikan bukti untuk mendukung pernyataan, yang telah mengangkat keraguan ahli kami mengingat sifat amatir dari serangan dan kurangnya ekstrimis Islam dijadikan pijakan di China.

Media pemerintah China melaporkan secara periodik kekerasan di Yang Xinjiang Beijing sering digambarkan sebagai " serangan teroris ".

Satu kejadian pada bulan Juni 35 orang tewas, dan 139 orang telah ditangkap dalam beberapa bulan terakhir karena menyebarkan ideologi jihad . (Antara)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Sepudin Zuhri
Editor : Sepudin Zuhri
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper