Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

3 Pesawat C-130 Hercules TNI AU Angkut Bantuan ke Filipina

Tiga Pesawat C-130 Hercules TNI Angkatan Udara, dua pesawat dari Skadron Udara 31 Lanud Halim Perdanakusuma A-1323 dan A-1327 dan satu dari Skadron Udara 32 Lanud Abdulraman Saleh A-1308 bertolak ke Filipina.
ilustrasi/Reuters
ilustrasi/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Tiga Pesawat C-130 Hercules TNI Angkatan Udara, dua pesawat dari Skadron Udara 31 Lanud Halim Perdanakusuma A-1323 dan A-1327 dan satu dari Skadron Udara 32 Lanud Abdulraman Saleh A-1308 bertolak ke Filipina.

Ketiga pesawat itu mengangkut paket bantuan sosial Pemerintah Indonesia bagi korban angin Topan Haiyan yang terjadi di Filipina, Rabu, (13/11/2013).

Paket bantuan sosial yang dikirimkan seberat 36,6 ton berupa makanan siap saji, obat-obatan, genset dan selimut dari Lanud Halim Perdanakusumah dengan 3 sorti penerbangan.

Pengiriman bantuan tersebut dilepas oleh Sestama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Facthul Hadi didampingi Direktur Logistik BNPB Sunardi dan Komandan Lanud (Danlanud) Halim Perdanakusuma Marsma TNI Sri Pulung D.

Danlanud Halim Perdanakusuma Marsma TNI Sri Pulung D. menyatakan pengerahan tiga Pesawat Herkules C-130 TNI AU merupakan wujud pelaksanaan tugas TNI dalam Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

"Seperti pada pelaksanaan bantuan-bantuan bencana alam sebelumnya”, ujar Alumni AAU 88 itu melalui siaran pers yang diterima Bisnis, Rabu (13/11/2013).

Sorti pertama membawa 12,54 ton yang berangkat pukul 06.30 WIB. Sorti kedua membawa 12,76 ton pada 07.40 WIB, dan sorti ketiga membawa 11 ton pada pukul 10.00 WIB.

Setiap sorti terdapat 11 kru pesawat TNI AU didampingi oleh satu personel BNPB. Rute pesawat meliputi Lanud Halim-Lanud Balikpapan dan Lanud Sam Ratulangi, Manado. Esok paginya (Kamis) kemudian bertolak ke Cebu Filipina, di Bandara terdekat dengan lokasi bencana di Pulau Leyte dan kota pesisir Tacloban.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Sepudin Zuhri
Editor : Sepudin Zuhri
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper