Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Topan Haiyan: PBB Mulai Turunkan Bantuan

PBB meningkatkan operasi penyelamatan bagi korban topan super Haiyan yang mengakibatkan sedikitnya 10.000 orang tewas di Filipina setelah tertimpa bangunan dan banjir, sebelum topan itu bergerak ke Vietnam

Bisnis.com, JAKARTA— Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) meningkatkan operasi penyelamatan bagi korban topan super Haiyan yang mengakibatkan sedikitnya 10.000 orang tewas di Filipina setelah tertimpa bangunan dan banjir sebelum topan itu bergerak ke Vietnam.

Bantuan penyelamatan dari PBB tersebut terutama ditujukan di sejumlah wilayah yang paling parah terkena dampak Haiyan di Tacloban City, ibu kota Provinsi Leyte. Bencana itu berawal setelah angin kencang disertai hujan menyebabkan tanah longsor di wilayah tersebut pada 8 November lalu.

“Akses ke tempat korban menjadi tantangan terbesar dan sejumlah wilayah belum mendapatkan bantuan apa-apa,” menurut pernyataan dari pihak PBB melalui surat elektroniknya sebagaimana dikutip Bloomberg, Senin (11/11/2013).

Menurut PBB, para korban yang masih hidup mengalami kesulitan untuk mendapatkan kebutuhan dasar mereka seperti makanan, air bersih dan obat-obatan. Sedangkan jalan, bandara dan jembatan hancur selain terjadi pemadaman listrik.

Presiden Benigno Aquino segera mengunjungi Tacloban untuk melihat langsung kondisi korban. Dari tayangan televisi terlihat sejumlah mayat mengambang di laut dan rumah-rumah tampak hancur akibat tertimpa pohon yang tumbang.  

Diperkirakan 9,5 juta warga Filipina terkena dampak bencana tersebut atau sekitar 9% dari jumlah penduduknya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper