Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Masih Banyak Pasangan Suami Isteri Belum Punya Buku Nikah

Rahmayulis Saleh
Rahmayulis Saleh - Bisnis.com 02 November 2013  |  07:13 WIB
Masih Banyak Pasangan Suami Isteri Belum Punya Buku Nikah
Salah satu pansangan suami isteri yang ikut program nikah massal - istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Masih banyak pasangan yang sudah hidup bersama sekian tahun, tapi belum memiliki buku nikah dan dicatatkan secara resmi ke kantor urusan agama.

Untuk membantu keabsahan pernikahan pasangan tersebut, PT Perusahaan Gas Negara (PGN) Persero Tbk, bekerja sama dengan Lembaga Kemanusiaan ESQ, melakukan bakti sosial dengan membuat upacara nikah massal.

Salah satu kegiatan yang dilakukan adalah mengadakan acara nikah massal bagi 75 pasangan suami-isteri yang sudah lama hidup bersama, di Desa Teluk Terate Kecamatan Keramat Watu, Cilegon-Banten, akhir Oktober 2013.

“Acara nikah massal ini juga dilengkapi dengan seremonial yang mengangkat budaya lokal, khususnya dalam prosesi pernikahan adat Sunda. Hal itu menarik perhatian masyarakat setempat, yang terlihat antusias menyaksikannya,” kata Lea Irawan, Ketua Umum Lembaga Kemanusiaan ESQ, dalam rilisnya Sabtu (2/11/2013).

Acara tersebut dibuka dengan penampilan kesenian Lengser dan Sawer, yang mengiringi arak-arakan 75 pasang pengantin menuju panggung utama. Mereka disambut dengan penampilan atraktif Rampak Bedug dari Sanggar Seni Wanda Banten.

Lea menuturkan program nikah massal ini merupakan pengesahan pernikahan melalui proses sidang Isbat, yang dilaksanakan oleh Pengadilan Agama Serang.  

Berdasarkan Surat Keputusan yang dikeluarkan Pengadilan Agama Serang, Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Keramat Watu, mencatatkan pengesahannya dan mengeluarkan Buku Nikah.
“Surat Keputusan Pengadilan Agama maupun Buku Nikah, adalah legalitas yang sangat diperlukan dalam mengurus berbagai surat, seperti Akte Kelahiran dan surat-surat  penting lainnya,” kata Lea.

Bakti sosial PT PGN-SBU Transmisi Sumatera Jawa itu, juga menggelar berbagai kegiatan di wilayah Sumatera  Selatan, Lampung, Jawa Barat dan Banten. Diantaranya ada pengobatan gratis, khitanan massal, dan pembagian makanan bergizi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pernikahan masyarakat hukum adat Buku Nikah
Editor : News Editor
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top