Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Irjen Anas Yusuf Hari Ini Akan Dilantik Jadi Kabareskrim

Irjen Anas Yusuf akan jadi Kabareskrim Polri dan Irjen Ronny Sompie akan jadi Wakabareskrim. Rencananya diumumkan hari ini, Selasa (29/10/2013), usai serahterima jabatan Kapolri.
Wakabareskrim Polri Irjen Anas Yusuf
Wakabareskrim Polri Irjen Anas Yusuf

Bisnis.com, JAKARTA -Irjen Anas Yusuf akan jadi Kabareskrim Polri dan Irjen Ronny Sompie akan jadi Wakabareskrim. Rencananya diumumkan hari ini, Selasa (29/10/2013), usai serahterima jabatan Kapolri.

Seperti diketahui, jabatan Kabareskrim Polri kini kosong menyusul terpilihnya Sutarman sebagai Kapolri yang baru menggantikan Timur Pradopo yang akan memasuki masa pensiun Januari 2014.

Awalnya, sejumlah nama calon Kabareskrim sudah bermunculan, seiring akan dilantiknya Kabareskrim Komjen Sutarman menjadi Kapolri menggantikan Timur Pradopo. Bahkan, untuk mendapatkan Kabareskrim yang punya integritas dan kapabilitas, Indonesia Police Watch mengusulkan sudah saatnya Polri  melakukan uji kelayakan dan kepatutan (fet and proper test) terhadap para calon Kabareskrim.

Neta S Pane, Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) menilai untuk merealisasikan janjinya dalam fet and proper test di Komisi III DPR, sudah saatnya Kapolri Sutarman membawa perubahan dan semangat baru di lingkungan Polri. Salah satunya, melakukan fet and proper test terhadap calon Kabareskrim.

"Nama-nama perwira tinggi yang pantas menjadi calon Kabareskrim didata dan dijaring oleh Dewan Kebijakan Tinggi (Wanjakti) Polri," ujar Neta melalui siaran persnya, Senin (28/10/2013).

(Irjen) Polisi Anas Yusuf, putra asli Brebes, berasal dari kampung Kleben, Brebes. Anas Yusuf adalah  Wakil Badan Reserse Dan kriminal (Wakabareskrim) Polri setelah sempat menjadi Kapolda KalimatanTimur.

Irjen Pol. Anas Yusuf merupkan lulusan Akademi Kepolisian (Akpol)  1984. Dalam awal Karirnya, Anas Yusuf pernah menjabat sebagai kapolres Kendal dan Kapolres Pekalongan Jawa Tengah.

Anas Yusuf,   kelahiran Brebes, 11 September 1960,  tokoh penting dibalik “tertangkap” nya Nazaruddin karena Anas adalah Ketua Tim Pencarian Nazaruddin (mantan politikus dan Bendahara Umum Partai Demokrat yang sempat kabur ke luar negeri).

Karir kepolisian Anas Yusuf  kebanyakan di luar negeri. Itu pula yang menajdi  alasan kuat pimpinan Polri  untuk menunjuknya sebagai ketua tim pencarian Nazaruddin.

Pengalamannya sebagai anggota Interpol melanglangbuana dan goodwill- nya dengan pejabat kepolisian dari berbagai negara,  sangat membantu upaya pencarian tersebut sehingga  akhirnya Nazaruddin berhasil “diboyong”  ke Tanah air untuk bertanggungjawab secara hukum di depan sidang pengadilan.

Bicara soal pengalaman bertugas di luar negeri,  hampir semua negara sudah dijelajahinya dan  Eropa adalah yang terlama, empat tahun. Sebelum menjabat Kapolda Kaltim (sejak 2 Juli 2012), Anas Yusuf adalah Sahlisospol Kapolri dan sebelumnya menjabat Direktur Tindakan Pidana Tertentu (Tipidter) dengan pangkat Brigjen Polisi di Bareskrim Polri.

Kini, setelah menjabat Kapolda Kaltim,  Anas Yusuf  dipercaya menjadi  Wabareskrim Polri. Pria yang selama sekolah dasar hingga sekolah menengah atas dihabiskan di kota kelahirannya di Kabupaten Brebes ini, sempat menjadi kandidat Kapolri yang baru.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper