Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

3 Wartawan Sky News Arabia Hilang di Suriah

Sky News Arabia, stasiun TV yang berpusat di Abu Dhabi, pada hari ini, Kamis (17/10/2013) menyatakan telah kehilangan kontak dengan tiga anggota awak yang bertugas di Suriah Utara.

Bisnis.com, DUBAI - Sky News Arabia, stasiun TV yang berpusat di Abu Dhabi, pada hari ini, Kamis (17/10/2013) menyatakan telah kehilangan kontak dengan tiga anggota awak yang bertugas di Suriah Utara.

Wilayah itu dianggap sebagai tempat paling berbahaya bagi wartawan.

Sky News Arabia juga telah meminta bantuan untuk menemukan awak mereka tersebut.

Penyiar stasiun televisi itu mengatakan wartawan Ishak Moctar -warga negara Mauritania, Juru Kamera Samir Kassab (warga negara Lebanon), dan pengemudi berkebangsaan Suriah yang namanya tidak disebutkan atas permintaan keluarganya, hilang sewaktu bertugas di dekat Aleppo, Suriah Utara, Selasa pagi (15/10/2013).

Pemimpin saluran tersebut Nart Bouran mengatakan tim itu sedang menjalankan tugas yang kebanyakan dipusatkan pada liputan mengenai aspek kemanusiaan dari perang saudara 2,5 tahun di Suriah.

"Kami akan terus melakukan upaya untuk menghubungi mereka dan memastikan mereka kembali dengan selamat, sehingga mereka dapat melanjutkan pekerjaan penting mereka," ujar Bouran.

Kementerian Luar Negeri Prancis pada Rabu (16/10/2013) menyatakan dua lagi wartawan Prancis disandera di Suriah, sehingga jumlah warga negara yang disandera di negara Arab tersebut jadi empat orang.

Dua lelaki -Nicolas Henin, yang bekerja buat Majalah Le Point, dan Pierre Torres, yang melaporkan buat stasiun televisi Prancis-Jerman Arte- disandera pada 22 Juni. Tapi ketidak-munculan mereka sebelum tidak disebar-luaskan.

Sky News Arabia menyatakan stasiun televisi yang berpusat di Uni Emirat Arab tersebut mengadakan kontak dengan keluarga wartawan itu untuk memberitahu mereka perkembangan dan upaya paling akhir untuk mengontak mereka.

Suriah adalah tempat paling berbahaya di dunia buat wartawan, kata Komite bagi Perlindungan Wartawan. Sedikitnya 39 wartawan tewas dan 21 lagi diculik pada 2012 baik oleh gerilyawan maupun pasukan pemerintah.

Kebanyakan wartawan yang diculik telah dibebaskan, tetapi beberapa orang belum ditemukan. (Antara)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Sepudin Zuhri
Editor : Sepudin Zuhri
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper