Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bisnis.com, BALIKPAPAN - Rancangan peraturan daerah pembentukan Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Kota Balikpapan akan diajukan ke DPRD Kota Balikpapan dalam 2-3  minggu ke depan untuk segera dibahas.

Kepala Bagian Hukum Pemerintah Kota Balikpapan Daud Pirade mengatakan materi prinsip draf Perda pembentukan BPR itu telah selesai. Namun, masih ada beberapa detail poin yang perlu dimasukkan ke dalam draf itu seperti susunan pengurus dan masa jabatannya.

“Kami akan segera sampaikan draf-nya ke DPRD untuk dijadwalkan sidangnya karena Perda BPR masuk dalam Prolegda [Program Legislasi Daerah] tahun ini,” ujarnya kepada Bisnis, Senin (7/10/2013).

Daud mengakui kelengkapan administrasi untuk dokumen peraturan daerah ini sudah dilengkapi sejak awal tahun. Hanya saja, masih perlu ada diskusi untuk melengkapi poin prinsip dalam pembentukan BPR ini sehingga perlu waktu dalam penyusunan draf-nya.

Ketua Fraksi Keadilan Sejahtera Mukhlis, saat memberikan pandangan fraksi mengenai kinerja keuangan daerah 2012 menyebutkan pembentukan BPR Kota Balikpapan merupakan hal yang mendesak karena sudah lama direncanakan oleh pemerintah.

Hasil studi yang menunjukkan adanya kelayakan untuk dibangun BPR, seharusnya segera disambut dengan melengkapi dokumen pembentukan.

“Tahun ini sudah masuk Prolegda. Kami menunggu kelengkapan dokumen dari pemerintah untuk segera ditindak lanjuti,” katanya.

Kepala Bidang Perekonomian Bappeda Kota Balikpapan Arzaedi mengatakan pembentukan perda ini merupakan kelanjutan proses dari studi kelayakan yang telah dilakukan oleh Pemkot.

Berdasarkan hasil studi kelayakan, modal awal pembentukan BPR itu sebaiknya berasal dari kas Pemkot Balikpapan agar tujuan pemberdayaan masyarakat ekonomi menengah ke bawah bisa tercapai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Yusran Yunus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper