Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PDI-P Targetkan 27,02% Suara di Pemilu 2014

Bisnis.com, JAKARTA—Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) menargetkan perolehan suara sebesar 27,02% atau 152 kursi di DPR guna memenangkan Pemilu legislatif 2014. 
Winda Rahmawati
Winda Rahmawati - Bisnis.com 08 September 2013  |  19:17 WIB
PDI-P Targetkan 27,02% Suara di Pemilu 2014
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) menargetkan perolehan suara sebesar 27,02% atau 152 kursi di DPR guna memenangkan Pemilu legislatif 2014. 

Dengan demikian, PDI-P bisa mengajukan calon presiden (capres) beserta calon wakil presiden (cawapres). 

Ketua DPP DPIP Puan Maharani menegaskan penetapan target tersebut dilakukan berdasarkan hasil kalkulasi yang matang dengan mempertemukan berbagai variabel penting, seperti hasil perolehan suara PDI-P dalam pemilu 1999, 2004, dan 2009.

“Serta merujuk pada hasil konsolidasi partai, pemetaan basis politik, dan dinamika daya saing partai peserta pemilu,” katanya saat berpidato dalam acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) IIII PDI-P, Minggu (8/9/2013). 

Untuk diketahui, PDI-P sebelumnya memperoleh suara 14,6% atau 14,03% dari total pemilih pada 2009. Target pemenangan Pemilu tersebut merupakan butir keempat dari 17 rekomendasi dari hasil Rakernas yang digelar mulai 6 hingga 8 September di Anco, Jakarta. 

Meskipun demikian hingga Rakernas berakhir, partai berlambang banteng tersebut belum mendeklarasikan calon presiden PDI-P karena masih berfokus pada hasil pemilihan legislatif 2014. 

“Rakernas III partai merupakan momentum politik yang sangat penting guna mempersiapkan PDI-P pada 2014. Kemenangan pada Pileg dan Pilpres 2014 akan menjadi kesempatan emas untuk meletakkan dasar-dasar penyelenggaraan kekuasaan periode 2014-2019,” jelas Puan.

PDI-P pun juga belum memastikan akan mengusung nama Joko Widodo untuk mengikuti bursa Capres 2014. Sebab, penentuan penentuan Capres merupakan wewenang ketua umum PDI-P.

Puan berharap capres atau cawapres dari PDI-P harus memiliki sejumlah kualifikasi yang mencerminkan kepemimpinan nasional, memenuhi aspek ideologis, maupun mencerminkan kemampuan pengelolaan pemerintahan negara sesuai yang digambarkan Pancasila dan UUD 1045. 

Ketua DPP PDI-P Megawati Soekarno Putri menuturkan agar seluruh kader PDI-P memiliki pemikiran yang sama dan meminta seluruh kadernya untuk menjalankan keseluruh 17 rekomendasi Rakernas. 

Arif Wibowo, Wakil Ketua Komisi II DPR dari Fraksi PDI-P, mengungkapkan keputusan PDI-P dengan target 27,2% suara di Pemilu 2014 sudah didasarkan pada perhitungan sistematis dan sesuai dengan kondisi partai di lapangan.

Pihaknya optimistis target tersebut bisa dicapai apabila seluruh kader konsisten menjalankan seluruh rekomendasi yang diperintahkan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

megawati pdip pemilu 2014 calon presiden rakernas pdip
Editor :
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

back to top To top