Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Pesan SBY Kepada Pamong Praja: Bina Pancasila

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengingatkan para pamong praja untuk membina ideologi Pancasila dan kesatuan bangsa.
Anggi Oktarinda
Anggi Oktarinda - Bisnis.com 28 Agustus 2013  |  16:37 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengingatkan para pamong praja untuk membina ideologi Pancasila dan kesatuan bangsa.

Hal itu disampaikan presiden dalam pidatonya saat melantik para Pamong Praja Muda di Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) di Jatinangor, Jawa Barat, Rabu (28/8/2013).

Dalam pidatonya, presiden mengingatkan tugas utama para pramong praja untuk menyelenggarakan tugas-tugas pemerintahan umum.

"Tugas-tugas ini antara lain adalah pembinaan ideologi Pancasila, pembinaan kesatuan bangsa, pembi-naan politik dalam negeri, hingga tugas pembinaan ketenteraman dan ketertiban umum," ujar SBY dalam naskah pidatonya.

Selain itu, ujarnya, para pamong praja juga bertugas melakukan koordinasi penyelenggaraan pemerintahan di daerah-daerah dan melaksanakan tugas-tugas lain yang tidak ditangani oleh instansi pemerintahan manapun.

"Hal ini dilakukan agar tidak terjadi kekosongan peran pemerintah dalam mengatasi masalah-masalah kemasyarakatan."

Lebih lanjut, SBY berpesan kepada para pamong praja muda untuk melakukan empat hal saat bertugas.

Pertama, melaksanakan tugas sebaik-baiknya dan dengan penuh rasa tanggung jawab untuk rakyat. Kedua, ikut memelihara kehidupan masyarakat yang rukun, damai, dan penuh toleransi di tengah kehidupan masyarakat yang majemuk.

Ketiga, membangun citra pemerintahan yang baik dan bersih, serta selalu dirasakan kehadirannya oleh masyarakat. Terakhir, tegassnya, menepati sumpah dan janji jabatan. "Jauhi segala bentuk penyalahgunaan wewenang dan tindak pidana korupsi," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sby pamong praja
Editor : Martin Sihombing

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top