Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Fathanah Dapat Komisi dari Proyek Bibit di Kementan

Bisnis.com, JAKARTA--Terdakwa suap pengurusan kuota impor daging sapi di Kementerian Pertanian dan tindak pidana pencucian uang Ahmad Fathanah diketahui menerima komisi dari pengadaan proyek benih kopi dan benih jagung di kementerian tersebut.."Saya

Bisnis.com, JAKARTA--Terdakwa suap pengurusan kuota impor daging sapi di Kementerian Pertanian dan tindak pidana pencucian uang Ahmad Fathanah diketahui menerima komisi dari pengadaan proyek benih kopi dan benih jagung di kementerian tersebut..

"Saya memberikan komisi Rp200 juta pada Juni 2012," kata Komisaris Radina Niaga Mulia Denny Pramudya Adiningrat dalam sidang di pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Senin. (26/8/2013)

Denny menyatakan hal itu menjawab pertanyaan anggota majelis hakim I Made Hendra yang menanyakan mengenai pengurusan lelang benih kopi di Kementerian Pertanian.

"Saya pengusaha di bidang benih dan berkenalan dengan Fathanah di kantin Kementerian Pertanian pada sekitar Maret 2012, dia (Fathanah) memperkenalkan diri sebagai pengusaha di bidang pertanian, dan saya minta untuk dibantu karena sudah tiga kali ikut lelang, terdakwa kemudian menghubungi beberapa pejabat Kementan," paparnya.

Setelah mendapatkan lelang benih kopi, Denny pun kembali meminta jasa Fathanah untuk lelang benih jagung.

"Dia juga bantu untuk lelang benih jagung, setelah berhasil saya berikan Rp300-an juta," jelasnya..

Menurut Denny, ia juga bekerja sama dengan direktur PT Cipta Inti Permindi (CIP) yang juga menjadi tersangka kasus dugaan korupsi Bank BJB yang tengah disdik Kejaksaan Agung, Yudi Setiawan, dalam proyek pengadaan benih tersebut.

Denny mengaku juga pernah bertemu mantan presiden Partai Keadilan Sejahtera Luthfi Hasan Ishaaq karena dikenalkan Fathanah bersama dengan Yudi yang juga tertarik berkenalan dengan Luthfi. (Antara)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ismail Fahmi
Editor : Ismail Fahmi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper