Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Airsoft Gun: Wah, Banyak Diimpor Secara Gelap

Bisnis.com, JAKARTA-- Aparat Polda Metro Jaya membidik pihak importir yang mengirimkan senjata gas (airsoft gun) tanpa izin ke sejumlah toko di kawasan Jakarta dan sekitarnya."Ke depan, Polda Metro Jaya akan merazia siapapun atau toko yang menjual airsoft

Bisnis.com, JAKARTA-- Aparat Polda Metro Jaya membidik pihak importir yang mengirimkan senjata gas (airsoft gun) tanpa izin ke sejumlah toko di kawasan Jakarta dan sekitarnya.

"Ke depan, Polda Metro Jaya akan merazia siapapun atau toko yang menjual airsoft gun," kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Rikwanto di Jakarta, Kamis (15/8/2013)

Rikwanto menduga ada keterlibatan oknum importir yang mengedarkan senjata gas tanpa izin resmi kepada sejumlah toko.

Berdasarkan aturan kepolisian, Rikwanto menuturkan pihak berwenang mengeluarkan senjata gas, yakni Persatuan Menembak Indonesia (Perbakin) sebagai importir resmi.

Sesuai Peraturan Kapolri Nomor 8 Tahun 2012, Rikwanto menegaskan aparat kepolisian akan merazia seluruh toko penjual airsoft gun secara terbuka maupun tertutup.

Rikwanto menambahkan pihak kepolisian menggudangkan seluruh senjata api maupun senjata gas yang dimiliki masyarakat sipil.

"Perlakuan terhadap senjata gas sama dengan senjata api, kepolisian menggudangkan seluruh senjata yang pegang masyarakat sipil," ujar Rikwanto.

Rikwanto mengungkapkan pihak yang akan menggunakan senjata gas harus memiliki surat rekomendasi dan tercatat sebagai anggota Perbakin, memiliki keterampilan menembak, serta mengantongi surat tes psikologi dari dokter.

Sementara itu, Wakil Direktur Intelijen dan Keamanan Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Besar Polisi Merdisyam menyatakan Perbakin menjadi importir resmi sejak 2008 dengan kuota senjata gas sebanyak 500 pucuk.

"Kepentingannya untuk olahraga menembak secara resmi," ungkap Merdisyam. (Antara)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ismail Fahmi
Editor : Ismail Fahmi
Sumber : Newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper