Kalbar Bangun Jalan ke Perbatasan Malaysia

Bisnis.com, LANDAK, Kalbar — Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat akan membangun jalan dari Desa Perbuak Kecamatan Air Besar menuju Entikong dan perbatasan Malaysia.
News Editor | 02 Agustus 2013 18:41 WIB

Bisnis.com, LANDAK, Kalbar — Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat akan membangun jalan dari Desa Perbuak Kecamatan Air Besar menuju Entikong dan perbatasan Malaysia.

Dana sebesar Rp150 miliar disiapkan untuk merealisasikan pembangunan jalan tembus yang menghubungkan dua kabupaten dan perbatasan tersebut.

Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) Cornelis mengatakan pemerintah provinsi berkomitmen mendukung Pemerintah Kabupaten Landak membangun jalan dari Dusun Tauk ke Entikong, Kabupaten Sanggau.

Pembangunan infrastruktur jalan ini akan dimulai 2014. Ruas jalan itu mulai dari simpang Sepangah Kecamatan Air Besar, yang saat ini sudah dirintis sepanjang 18 kilometer, melalui anggaran APBD Kabupaten Landak dan Pemerintah Provinsi Kalbar sebesar Rp10 miliar tahun anggaran 2013. Pembangunan jalan tersebut rencananya dilanjutkan sampai menembus perbatasan di Entikong dengan anggaran 2014.

"Dibangunnya jalan dan jembatan tersebut, diharapkan bisa menghidupkan perekonomian masyarakat di wilayah Kecamatan Air Besar yang sekarang dirintis sampai air terjun Bananggar. Baru dirintis saja sudah ada warga yang berjualan di lokasi air terjun Bananggar, artinya sudah mulai ada pengunjung air terjun itu," kata Cornelis kepada Bisnis di Perbuak, Kamis (1/8/2013).

Gubernur Kalbar mengharapkan jalan yang menembus antar dua kabupaten tersebut dapat rampung  pengerjaannya sebelum masa jabatannya berakhir 2018.

"Jalan ini akan membuka akses beberapa desa yang saat ini masih terisolir. Saya yakin terbukanya akses jalan akan membuka peluang usaha bagi warga setempat, sebab apapun potensi daerah kalau tidak dibarengi dengan infrastruktur yang memadai, maka ekonomi sulit berkembang," tandasnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
malaysia, perbatasan indonesia-malaysia, pemprov kalbar

Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top