Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Api Hanguskan LP Tanjung Gusta, 300 Napi Kabur

Bisnis.com, MEDAN: Informasi terbaru menyebutkan sekitar 300 narapidana dewasa LP Tanjung Gusta, Medan, kabur setelah terjadi kebakaran akibat genset meledak, Kamis (11/7/2013) sekitar pukul 18.30 WIB .
Rustam Agus
Rustam Agus - Bisnis.com 11 Juli 2013  |  22:55 WIB
Api Hanguskan LP Tanjung Gusta, 300 Napi Kabur
Bagikan

Bisnis.com, MEDAN: Informasi terbaru menyebutkan sekitar 300 narapidana dewasa LP Tanjung Gusta, Medan, kabur setelah terjadi kebakaran akibat genset meledak, Kamis (11/7/2013) sekitar pukul 18.30 WIB .

"Napi yang kabur sempat melawan sipir yang menjaga Lapas Tanjung Gusta Medan," kata salah seorang saksi mata, warga Kelurahan Tanjung Gusta Medan, J Sinambela (60) kepada Antara di Medan.

Ratusan napi itu diperkirakan melarikan diri ke tanah garapan di Kecamatan Hamparan Perak, Kabupaten Deli Serdang, dan sebagian lagi ke arah Medan.

Dari 300 napi yang kabur, enam orang diantaranya berhasil ditangkap petugas Lapas Medan, dan dimasukkan kembali ke tahanan.

"Dua dari enam napi yang melarikan diri itu ditangkap di simpang Targil Jalan Pemasyarakatan, sekitar 300 meter dari Lapas Medan," ujar Sinambela.

Pantauan Antara di lokasi kejadian, hingga pukul 21.45 WIB, api belum bisa dipadamkam atau dijinakkan petugas pemadam Kebakaran Pemkot Medan.

Sampai berita ini dikirimkan, api masih terlihat berkobar karena sulitnya mobil pemadam kebakaran masuk ke dalam Lapas Medan.

Petugas hanya menggunakan slang panjang untuk menyemprotkan air di lokasi kebakaran yang terdiri dari tiga titik itu.

Informasi yang dihimpun di lapangan, lebih kurang 25 unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk mematikan api.

Di lokasi terjadinya kebakaran, yakni di Lapas Tanjung Gusta Medan, sejak pukul 04.00 WIB hingga pukul 21.45 WIB lampu listrik dalam keadaan padam.

Bahkan, di sekitar Jalan Lembaga Pemasyarakatan Medan di Kecamatan Sunggal dalam keadaan gelap gulita dan terjadinya kemacetan, karena masyarakat berbondong-bondong ingin melihat kejadian tersebut.

Sementara, Kepala Divisi Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM wilayah Sumut Amran Silalahi ketika dihubungi melalui telepon genggam tidak bersedia menjawab.

Namun, Amran hanya menyebutkan, "Sabar dulu ya. Saya masih di lapangan."

Kasubag Humas Kementerian Hukum dan HAM Wilayah Sumut Asran Safawi menyebutkan, belum mengetahui jumlah napi kabur.

"Memang benar ada ratusan napi Lapas Tanjung Gusta Medan kabur, dan terjadi juga kebakaran di lokasi kejadian tersebut ," ucap Safawi.

Data yang diperoleh menyebutkan, jumlah narapidana di Lapas Tanjung Gusta Medan tercatat lebih kurang 2.016 orang dan kapasitas atau daya tampung hanya sebanyak 1.050 orang. (ra)

 

Baca Juga:

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

lp tanjung gusta napi kabur

Sumber : Newswire

Editor : Rustam Agus
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top