Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

LP Tanjung Gusta: 103 Napi Berhasil Ditangkap Kembali, 109 Masih Buron

Bisnis.com, MEDAN--Jumlah narapidana LP Tanjung Gusta Kelas I Medan yang berhasil ditangkap petugas kepolisian dan menyerahkan diri pasca pembakaran dan kaburnya tahanan, sebanyak 103 orang.Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum
Rustam Agus
Rustam Agus - Bisnis.com 17 Juli 2013  |  19:08 WIB
LP Tanjung Gusta: 103 Napi Berhasil Ditangkap Kembali, 109 Masih Buron

Bisnis.com, MEDAN--Jumlah narapidana LP Tanjung Gusta Kelas I Medan yang berhasil ditangkap petugas kepolisian dan menyerahkan diri pasca pembakaran dan kaburnya tahanan, sebanyak 103 orang.

Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara, Amran Silalahi kepada Antara membenarkan penangkapan 103 narapidana tersebut dan sebahagian diantara masih ditahan di sejumlah Mapolres.

Setelah diamankannya 103 napi tersebut, menurut dia, tahanan yang belum tertangkap tinggal 109 orang lagi, dan petugas masih terus mencarinya.

"Aparat kepolisian yang bekerja sama dengan petugas Lapas Medan masih berada di lapangan untuk memburu napi-napi yang belum lagi tertangkap, setelah tahanan itu melarikan dan membakar Lapas Medan Kamis (11/7) malam," kata dia, Rabu (17/7/2013).

Amran menyebutkan, dari 103 narapidana tersebut, yakni sebanyak 80 orang ditangkap pihak berwajib di berbagai tempat dan 23 orang menyerahkan diri ke Lapas Medan.

Sementara itu, empat narapidana teroris dari Lembaga Pemasyarakatan Tanjung Gusta Kelas I Medan, sampai sekarang belum tertangkap dan masih terus dicari petugas kepolisian.

Keempat napi teroris itu adalah FS, AS, ABG dan NB alias Arab.

Sebelumnya, sembilan napi teroris Lapas Kelas I Medan, Kamis (11/7/2013) malam melarikan diri, hanya lima napi yang berhasil diamankan oleh pihak berwajib, yakni GM, BK, JM, AA dan AN.

Peristiwa pembakaran dan kaburnya ratusan napi dari Lapas Tanjung Gusta Medan, Kamis (11/7 mengakibatkan lima tewas terbakar, yakni dua orang pegawai Lapas, Hendra Rico Naibaho (28) dan Bona Hotman Situngkir (38).

Tiga tewas lainnya adalah napi, Ng Hui Tan Awi (48), Jhon Gabriel Tarigan (26) Johanes Leo Situmorang (34).

Data yang diperoleh menyebutkan jumlah napi yang menghuni Lapas Kelas I Medan sebanyak 2.016 orang, sedang daya tampung hanya 1.050 dan telah terjadi 'over' kapasitas.  (ra)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

napi lp tanjung gusta

Sumber : Newswire

Editor : Rustam Agus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top