Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

KASUS CEBONGAN: Sidang Digelar Besok, 3 Hakim Agung Memantau

BISNIS.COM, JAKARATA-- Mahkamah Agung menunjuk tiga hakim agung untuk memantau persidangan kasus penyerangan Lapas Cebongan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, yang melibatkan 11 oknum Kopassus. Ketiga hakim agung itu adalah Ketua Kamar Peradilan
Ismail Fahmi
Ismail Fahmi - Bisnis.com 19 Juni 2013  |  11:56 WIB

BISNIS.COM, JAKARATA-- Mahkamah Agung menunjuk tiga hakim agung untuk memantau persidangan kasus penyerangan Lapas Cebongan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, yang melibatkan 11 oknum Kopassus.

Ketiga hakim agung itu adalah Ketua Kamar Peradilan Militer MA Imron Anwari, Hakim Agung Gayus Lumbuun dan Hakim Agung Andi Abu Ayyub.

"Siang ini kami berangkat ke Yogya untuk memantau persidangan yang akan digelar besok (Kamis 20/6),"  ujar Hakim Agung Gayus Lumbuun di Jakarta, Rabu (19/6)


Gayus mengatakan proses pemantauan ini merupakan tugas Mahkamah Agung di bidang pembinaan dan berharap proses penegakan hukum dalam kasus ini bisa berjalan objektif, adil, dan transparan.

"Walaupun para terdakwa merupakan anggota TNI dan diadili di pengadilan militer, namun masyarakat dapat menyaksikan bahwa persidangannya akan transparan, adil, objektif, dan imparsial," katanya.

Komisi Yudisial (KY) juga akan mengirimkan salah satu komisionernya untuk melakukan pemantauan terhadap jalannya sidang kasus Cebongan ini.

"Ada komisioner KY yang akan memantau sidang kasus Cebongan besok di Yogyakarta. Kemungkinan besar Pak Imam ((Wakil Ketua KY Imam Anshori) ," kata Juru Bicara Komisi Yudisial (KY) Asep Rahmat Fajar.

Selain itu, lanjut Asep, pihaknya juga mengirimkan tim pemantau dan bekerja sama dengan jejaring di Yogyakarta.

Dia berharap majelis hakim dalam kasus Cebongan ini menjalankan tugasnya secara profesional dan independen. (Antara)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ma kopassus hakim agung ky kasus cebongan

Sumber : Newswire

Editor : Ismail Fahmi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top