Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

ASEAN Jajaki Kerja Sama degan AS

BISNIS.COM, JAKARTA—Asean berniat menggenjot hubungan perdagangan dan investasi dengan Amerika Serikat, diawali dengan pengiriman sejumlah delegasi tingkat tinggi ke Negeri Paman Sam yang dipimpin oleh Pehin Dato Lim Jock Seng, Menteri Kedua dalam

BISNIS.COM, JAKARTA—Asean berniat menggenjot hubungan perdagangan dan investasi dengan Amerika Serikat, diawali dengan pengiriman sejumlah delegasi tingkat tinggi ke Negeri Paman Sam yang dipimpin oleh Pehin Dato Lim Jock Seng, Menteri Kedua dalam Kemeterian Perdagangan dan Hubungan Internasional Brunei Darussalam.

Kunjungan yang berlangsung pada 10-14 Juni lalu itu juga diikuti oleh Menteri Ekonomi dari Laos, Malaysia, Myanmar, dan Filipina, serta Wakil Menteri dari Kamboja, Indonesia, Thailand, dan Vietnam. Sejumlah pejabat senior dari negara anggota Asean juga terlibat dalam kunjungan tersebut.

“Para menteri tersebut membangun wawasan yang lebih baik mengenai problem yang dihadapi oleh para investor melalui interaksi dengan komunitas bisnis,” ujar Lim Hong Hin, Wakil Sekjen Asean untuk Masyarakat Ekonomi Asean.

Lim menambahkan para delegasi juga mengulangi komitmen mereka untuk merealisasikan Masyarakat Ekonomi Asean 2015 tepat pada waktunya, sehingga pasar tunggal dan basis produksi dapat segera dibentuk guna membangun atau mengembangkan sistem operasi yang telah ada di Asia Tenggara.

Delegasi dari Asean tersebut mengunjungi 3 kota di AS, termasuk Los Angeles, San Francisco (Silicon Valley), dan Washington, DC. Mereka juga mengunjungi sejumlah perusahaan multinasional, seperti Fox Studios, Covidien, Mattel, dan Google.

Tidak hanya itu, mereka mengadakan konsultasi dengan sektor swasta. Kunjungan lainnya mencakup pertemuan dengan para pejabat pemerintah AS, termasuk Perwakilan Perdagangan AS Sementara Miriam Sapiro, dan Wakil Menteri Perdagangan untuk Urusan Internasional Francisco Sanchez.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sepudin Zuhri

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper