Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PREDIKSI IMF: Ekonomi ASEAN-5 Bakal Tumbuh 5,9%

BISNIS.COM, MANILA--Dana Moneter Internasional (IMF) telah menaikkan prediksi pertumbuhan ekonomi untuk Filipina, Indonesia, dan negara-negara lain yang tergabung dalam Association of Southeast Asian Nations-5 (ASEAN-5).Dalam World Economic Outlook terbaru

BISNIS.COM, MANILA--Dana Moneter Internasional (IMF) telah menaikkan prediksi pertumbuhan ekonomi untuk Filipina, Indonesia, dan negara-negara lain yang tergabung dalam Association of Southeast Asian Nations-5 (ASEAN-5).

Dalam World Economic Outlook terbaru (WEO), seperti yang dilaporkan ABS-CBN News di Manila, Rabu (17/4/2013), disebutkan IMF memproyeksikan ASEAN-5 akan mengalami pertumbuhan 5,9% tahun ini, lebih tinggi dari perkiraan sebelumnya sebesar 5,5% pada Januari sesuai yang WEO Update.

Namun, prospek pertumbuhan ASEAN-5 untuk tahun depan telah dipangkas menjadi 5,5% dari 5,7%. Selain Filipina, ASEAN-5 terdiri dari Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Vietnam.

Tahun lalu, ASEAN-5 mencatat pertumbuhan ekonomi 6,1% , atau mengalami lonjakan signifikan dari 4,5% pada 2011.

Terkait dengan pertumbuhan ekonomi dunia, IMF telah menurunkan proyeksi tahun ini menjadi 3,3% dari perkiraan 3,5% pada Januari.

Perkiraan tahun depan pertumbuhan ekonomi dunia juga telah dipangkas menjadi 4%  dari 4,1%. "Prospek ekonomi global telah meningkat lagi tapi jalan menuju pemulihan bagi negara maju akan tetap bergelombang," kata IMF.

Pertumbuhan ekonomi dunia telah dipatok sebesar 3,2% tahun lalu, turun dari 4%  pada 2011. "Permintaan konsumen muncul semakin kuat di Amerika Serikat, tetapi masih sangat lamban di kawasan Eropa. Di pasar negara berkembang aktivitas ekonomi semakin marak," kata laporan tersebut.(Antara/msb)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : Newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper