Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

UNIVERSITAS MELAYU Akan dibangun di Solok, Sumbar

BISNIS.COM, BOGOR--Pemerintah Kabupaten Solok, Sumatra Barat, telah menyediakan tanah seluas 80 ha, yang ditujukan untuk pembangunan Universitas Melayu.Bupati Kabupaten Solok Syamsu Rahim mengatakan gagasan tersebut sebenarnya sudah lama dibicarakan,
Dimas Novita Sari
Dimas Novita Sari - Bisnis.com 19 Maret 2013  |  17:38 WIB
UNIVERSITAS MELAYU Akan dibangun di Solok, Sumbar
Bagikan

BISNIS.COM, BOGOR--Pemerintah Kabupaten Solok, Sumatra Barat, telah menyediakan tanah seluas 80 ha, yang ditujukan untuk pembangunan Universitas Melayu.

Bupati Kabupaten Solok Syamsu Rahim mengatakan gagasan tersebut sebenarnya sudah lama dibicarakan, namun belum ada tindak lanjut karena belum tersedianya tanah.

"Ini merupakan gagasan Menteri Penerangan, Komunikasi, dan Kebudayaan Malaysia, Rais Yatim. Sebelumnya, dia meminta tanah seluas 100 ha, akan tetapi kami belum menemukan tanah yang cocok," ujarnya, Jumat (19/3).

Dia menjelaskan keinginan Rais untuk membangun universitas khusus etnis melayu tersebut tidak lain dikarenakan kecintaannya terhadap Minangkabau.

"Rais itu berasal dari minang, berbicara saja maunya pakai bahasa minang. Dia juga masih sering berkomunikasi dengan komunitas Solok Saiyosakato jadi ya banyak dukungan," jelasnya.

Selain itu, lanjutnya, dari 300 juta orang melayu yang ada, Rais menginginkan agar nilai-nilai melayu tersebut tidak hilang dalam percaturan global.

Adapun untuk kejuruan universitas ke depannya akan disesuaikan dengan permintaan dari masyarakat.

"Yang jelas akan ada mengenai kebudayaan etnis melayu dan juga maritim, karena orang melayu suka dengan ilmu kelautan," ujarnya.

Hingga saat ini, pemerintah Indonesia masih mengkaji kemungkinan pembangunan Universitas Melayu tersebut.

"Apakah nanti skemanya akan goverment to goverment atau melalui yayasan, kami masih belum tahu," paparnya.

Selain itu, mengenai berapa besaran dana taksiran untuk pembangunan universitas tersebut, Syamsu mengatakan tidak mengetahui pasti, akan tetapi dia memperkirakan akan mencapai ratusan miliar rupiah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

universitas solok melayu
Editor : Others
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top