Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

KONGRES HMI XXVIII: Format Kecam Dukungan Anas Urbaningrum

BISNIS.COM, JAKARTA --- Majelis Taklim Format mendatangi Kongres Himpunan Mahasiswa Islam XXVIII di Asrama Haji, Pondok Gede, Jakarta Timur, untuk mengecam alumnus HMI Anas Urbaningrum yang terjerat kasus korupsi, Hambalang, Bogor. "Kami mengecam HMI
Bambang Supriyanto
Bambang Supriyanto - Bisnis.com 16 Maret 2013  |  14:10 WIB

BISNIS.COM, JAKARTA --- Majelis Taklim Format mendatangi Kongres Himpunan Mahasiswa Islam XXVIII di Asrama Haji, Pondok Gede, Jakarta Timur, untuk mengecam alumnus HMI Anas Urbaningrum yang terjerat kasus korupsi, Hambalang, Bogor.

"Kami mengecam HMI agar jangan mendukung koruptor," kata koordinator aksi Dedy Apriadi saat aksi berlangsung, Sabtu (16/3).

Pernyataan tersebut menanggapi dukungan moril yang disampaikan kader-kader serta petinggi HMI kepada salah satu alumninya, Anas Urbaningrum, setelah ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (16/2).

"Mantan Ketua Umum HMI Anas Urbaningrum justru akan menghancurkan kredibilitas, nasionalisme, dan kecintaan masyarakat HMI," katanya.

Format meminta HMI harus membersihkan organisasinya dari oknum-oknum pengurus dan anggota yang tidak kredibel, tidak amanah, terlibat korupsi, kolusi, dan nepotisme, serta berakhlak buruk yang merendahkan nilai-nilai Islam serta organisasi HMI.

"HMI diharapkan menjadi organisasi kemahasiswaan Islam yang berada di garda terdepan untuk mendukung antikorupsi," katanya.

Dedy mengaku bahwa pihaknya mendukung KPK serta elemen lain dalam memberantas korupsi.

Namun, dia membantah aksi tersebut terkait dengan lawan-lawan politik Anas.

"Sebagai organisasi yang berbasis keagamaan, sudah sepatutnya HMI menjaga dan memberi teladan dalam melaksanakan 'akhlaqul karimah'," katanya.

Dia mengimbau HMI jangan sampai merendahkan keluhuran nilai-nilai Islam, seperti premanisme, ucapan kasar kepada pemimpin (ulil amri), dan tindakan tidak terpuji lainnya.

Dedy berharap Kongres HMI XVIII dapat menghasilkan keputusan yang strategis dan memberi kemaslahatan bagi umat Islam, bangsa, dan negara.

Sebelumnya, Ketua Umum PB HMI Noer Fajrieansyah menyatakan dukungannya terhadap Anas Urbaningrum.

"Untuk Kakanda Anas, beliau tidak sendiri, ada kami di sini yang selalu mendukung secara moril," katanya.

Noer menilai wajar dukungan moril tersebut seperti layaknya kakak beradik.

"Anas itu kan kakak kami, kalau kakaknya sakit wajar menunggui, memberi dukungan. Urusan vonis dan perawatan berjalan, itu urusan dokter, artinya proses hukum kembali ke dirinya dan kuasa hukumnya," katanya.

Dia menampik adanya dukungan politik yang diberikan untuk meringankan beban Anas.

"Kami tidak punya kendaraan politik dan HMI tidak ada hubungannya dengan partai politik," katanya.

Namun, Noer menyebutkan rencana dukungan terhadap Anas sudah masuk agenda diskusi Kongres PB HMI yang akan berlangsung mulai 15--20 Maret 2013 di Asrama Haji, Pondok Gede, Jakarta Timur. (Antara)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kpk anas hambalang hmi kongres format

Sumber : Newswire

Editor : Others

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top