Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

LELANG LUKISAN: Potret Diri Affandi Dilelang di Singapura

Plototan cat minyak langsung dari tubenya terlihat kuat membentuk wajah dari pelukisnya sendiri dengan karakter yang khas.

Plototan cat minyak langsung dari tubenya terlihat kuat membentuk wajah dari pelukisnya sendiri dengan karakter yang khas.

Lukisan itu diberi jual Potret Diri karya dari seorang maestro Indonesia, Affandi.

Pada kanvas lain terlihat garis-garis membentuk matahari yang bundar, pepohonan yang hijau, persawahan yang menguning dan tampak sejumlah orang beraktivitas memanen. Karya ini diberi judul Panen atau Harvest.

Kedua karya Affandi ini, Potret Diri berukuran 121 x 97 Cm dan Panen (98 x 130 Cm) dilelang oleh Rumah Lelang 33 Auction di Hotel Grand Hyatt Singapura pada akhir pekan ini.

Harga perkiraan lukisan Potret Diri US$162.610-US$243.910 dan lukisan berjudul Panen estimasinya US$129.600-US$162.610.

Selain lukisan karya Affandi, maestro Indonesia lainnya yang dilelang adalah lukisan karya Basoeki Abdullah, Hendra Gunawan, Sudjana Kerton, Srihadi Sudarsono, Sunaryo dan Popo Iskandar  pada lelang dengan tema Modern And Contemporary Asian Art Evening Sale.

“Hanya karya seni seperti lukisan dan patung ciptaan para maestro dan seniman yang terkenal yang dilelang. Jumlahnya pun terbatas, hanya 68 karya seni,” kata pimpinan 33 Auction Ali Kusno Fusin.

Lelang yang berlangsung di di Grand Hyatt Hotel  Singapura ini merupakan rangkaian sejumlah kegiatan lelang di Singapura yang berlangsung pada 24 Januari-26 Januari. Pada sisi lain, saat itu diselenggarakannya Art Stage Singapore 2013 yang berlangsung 24-27 Januari 2013.

Sebelum dilelang, lukisan dan patung ini dipamerkan (viewing) pada 21-23 Januari 2013  di Museum of  Contemporary Arts –MOCA Singapura pada pk. 11.00 sampai dengan 20.00 WIB, agar para pencinta dapat melihat langsung karya seni yang diminatinya.

Sejumlah lukisan karya Basoeki Abdullah yang dilelang adalah “Moon Light Sonata” dengan estimasi US$65.000-US$97.570, “Morning Sun” (US$48.790-US$81.310, “Abstract-1” (US$48.790-US$81.310) dan “Abstract-2” (US$48.790-US$81.310).

Sementara itu, karya Srihadi Soedarsono berjudul “Bedoyo Ketawan-The Energy of Inner Beauty” dengan estimasi  US$73.180-US$121.960 dan  “Borobudur-Energy of  Nature” (US$121.960-US$178.870).

Karya maestro Indonesia lainnya yang ditawarkan dalam lelang ini adalah karya Popo Iskandar berjudul  “Rooster and The Sun” dan “Cat and The Moon”.

Selain karya maestro Indonesia, dari 68 Lot itu terdapat karya maestro asing yang menetap di Indonesia seperti Lee Man Fong, Arie Smit, Adrien Jean Le Mayeur De Merpres dan Auke Cornelis Sonnega.

Selain itu, karya seniman Indonesia muda yang memiliki potensi dan terkenal di antaranya Agapetus Kristiandana, Gusti Agung Mangu Putra, I Nyoman Masriadi, Basuki Prahoro dan Heri Dono ikut meramaikan lelang ini.

Perupa muda I Nyoman Masriadi yang karyanya selalu ditunggu para kolektor, karena sulit mendapatkannya, pada lelang ini lukisannya yang ditampilkan adalah  Mengganggu Pemandangan berukuran  145x200 Cm dengan estimasi US$130.090-US$178.870.

Masriadi pernah menghebohkan dunia seni rupa Indonesia karena karyanya terjual dengan harga miliaran rupiah.

Dari China ditampilkan di antaranya karya Cai Zhisong, Guo Jin, Jiang Shuo,  Ju Ming, Walasse Ting, dan Zhou Chunya. Selain ada karya Rearngsak Boonyavanishkul dari Thailand.

Sejumlah karya seni dari seniman China berupa lukisan dan patung juga ditawarkan seperti karya Ju Ming berjudul “Taichi Series” (US$97.570-US$120.000). 

"Barang yang akan kami lelang di Singapura ini jumlahnya terbatas dan sangat eksklusif  dibandingkan lelang sebelumnya di Jakartadan di Singapura  beberapa waktu lalu," kata Ali Kusno Fusin.

Ali Kusno berharap, lelang kali ini dapat memuaskan kalangan kolektor seni, dengan menampilkan karya maestro dan langka serta sulit untuk mendapatkannya. Dia optimistis penyelenggaraan lelang  ini sukses, tercatat lebih dari 100 peserta sudah mendaftar untuk mengikuti lelang ini. (spr)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis :

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper