Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Survei Indikator Politik: Elektabilitas Ridwan Kamil-Uu Masih Teratas

Indikator Politik Indonesia (IPI) menempatkan pasangan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum sebagai unggulan teratas calon pemenang Pemilihan Gubernur Jawa Barat 2018.
Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum/Antara
Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum/Antara

Kabar24.com, JAKARTA — Indikator Politik Indonesia (IPI) menempatkan pasangan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum sebagai unggulan teratas calon pemenang Pemilihan Gubernur Jawa Barat 2018.

Survei termutakhir lembaga itu pada Maret-Mei 2018 mendapati elektabilitas Ridwan-Uu sebesar 40,9%. Menempel pasangan itu adalah Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi 35,6%, lalu Sudrajat-Ahmad Syaikhu 5,3%, dan Tubagus Hasanuddin-Anton Charliyan 2,7%. Terdapat 15,4% publik yang belum menentukan pilihan.

IPI mengambil sampel 800 responden se-Jawa Barat yang memiliki hak pilih. Survei diklaim mengandung kesalahan rata-rata sebesar +/- 3,5%.

Direktur Eksekutif IPI Burhanuddin Muhtadi mengatakan elektabilitas Ridwan-Uu masih belum aman walaupun untuk sementara masih bertenger di puncak survei. Pasalnya, selisih suara dengan Deddy-Dedi di bawah jumlah responden yang belum menentukan pilihannya.

"Ridwan-Uu harus memperbesar suara kalau ingin menang. Militansi pemilih dan pendukung akan menentukan pemenang Pilgub Jabar 2018," katanya di Jakarta, Rabu (6/6/2018).

Burhan mengatakan IPI baru kali ini mensurvei Pilgub Jabar setelah penetapan pasangan calon. Namun, IPI pernah melakukan survei pada September 2017 untuk melihat suara masing-masing kandidat.

Hasilnya kala itu, gabungan suara Ridwan-Uu meraup 36,5%, Deddy-Dedi 24,3%, Hasanuddin-Anton 0,2%, dan pasangan Sudrajat-Syaikhu 0,6%.

"Setiap calon mendapatkan peningkatan suara dari survei tahun lalu. Ketika itu ada 38,3% pemilih mengambang," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper