Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menlu Retno bertemu Menlu Brasil, Ini Hasilnya

Pertemuan bilateral antara Menteri Luar Negeri Indonesia dan Brasil menjadi momentum untuk meningkatkan kemitraan strategis yang terjalin sejak 2008.
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi./Bisnis-Dedi Gunawan
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi./Bisnis-Dedi Gunawan


Bisnis.com, JAKARTA – Pertemuan bilateral antara Menteri Luar Negeri Indonesia dan Brasil menjadi momentum untuk meningkatkan kemitraan strategis yang terjalin sejak 2008.

Menteri Luar Negeri RI Retno L.P. Marsudi melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri Republik Federasi Brasil, Aloysio Nunes Ferreira di Bogor hari ini Jumat (11/5/2018). Kunjungan Menlu Ferreira ke Indonesia kali ini merupakan yang pertama kalinya.

Pada pertemuan kali ini, kedua Menlu menegaskan kembali komitmen peningkatan hubungan bilateral RI – Brasil dan merevitalisasi kerja sama mitra strategis serta sejumlah mekanisme bilateral yang ada. Dalam keterangam tertulis, Menlu RI juga memanfaatkan pertemuan untuk semakin membuka akses pasar bagi produk-produk Indonesia di Amerika Latin, seperti ikan, kelapa sawit dan karet.

Dalam pertemuan tersebut juga dibahas upaya untuk meningkatkan kerja sama perdagangan, pertanian, dan people to people contact melalui bebas visa kunungan wisata. Pembahasan soal isu-isu kerja sama multilateral dan regional yang menjadi perhatian bersama, tak luput dari topik pembahasan.

Hasil pertemuan Retno dan Ferreira berisi tiga dokumen, yaitu Pertukaran Nota antara Pemerintah Republik Indonesia dan Pemerintah Republik Federasi Brasil Mengenai Pembebasan Visa Bagi Pemegang Paspor Biasa, MoU Perubahan Persetujuan antara Pemerintah Republik Indonesia dan Pemerintah Republik Federasi Brasil Mengenai Pembebasan Visa Untuk Paspor Diplomatik dan Dinas, serta MoU Kerja Sama Teknik antara Pemerintah Republik Indonesia Dan Pemerintah Republik Federasi Brasil.

Retno mengatakan penandatangan nota kesepahaman tersebut, menunjukkan tidak ada lagi barrier untuk berinteraksi saling mengunjungi antara masyarakat, pejabat dan lainnya.

“Sehingga harapannya dengan interaksi yang semakin intensif tersebut, maka hubungan semakin maju, dan lain sebagainya, intinya itu,” tegasnya.

Dengam dilakukannya pertukaran Nota Mengenai Pembebasan Visa Bagi Pemegang Paspor Biasa tersebut, WNI mendapatkan fasilitas bebas visa ke Brasil selama 30 hari.
Fasilitas ini dapat mendorong people to people dan business to business contacts guna peningkatan kerja sama di berbagai bidang, khususnya ekonomi dan perdagangan.

Brasil menjadi mitra dagang terbesar Indonesia di kawasan Amerika Selatan. Total perdagangan RI-Brasil pada2017 sebesar US$3,18 milyar. Kunjungan wisatawan Brasil ke Indonesia juga merupakan yang terbanyak dari kawasan Amerika Selatan dengan jumlah 28.359 orang pada tahun lalu.

Dalam pertemuam tersebut, Menlu Brasil menyampaikan surat permohonan maaf terkait penundaan rencana kunjungan Presiden Brasil ke Indonesia yang sedianya dilakukan 10 – 12 Mei 2018.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sutarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper