Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Selamat Ulang Tahun, Ini Cita-cita Prabowo Subianto Sejak Usia Muda

Prabowo memiliki cita-cita sejak muda yakni menjadi presiden untuk memimpin negeri sebagai presiden.
Presiden Terpilih Prabowo Subianto saat menyampaikan keterangan pers usai melakukan pertemuan dengan sejumlah tokoh di kediamannya Kertanegara, Jakarta, Senin (14/10/2024). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Presiden Terpilih Prabowo Subianto saat menyampaikan keterangan pers usai melakukan pertemuan dengan sejumlah tokoh di kediamannya Kertanegara, Jakarta, Senin (14/10/2024). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA - Tepat pada hari ini, Kamis 17 Oktober 2024, presiden terpilih Indonesia, Prabowo Subianto berulang tahun yang ke-73 tahun. 

Lahir pada 17 Oktober 1951, Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang politikus dan mantan perwira Indonesia. Kini dirinya menjadi presiden terpilih kedelapan Indonesia periode 2024 - 2029 menggantikan presiden Joko Widodo.

Prabowo merupakan anak dari tokoh bersejarah Sumitro Djojohadikusumo, ekonom yang menjabat sebagai Menteri Perekonomian pada masa kepemimpinan Soekarno dan menjadi Menteri Riset dan Teknologi pada masa kepemimpinan Soeharto.

Kakeknya, Margono Djojohadikusumo adalah pendiri Bank Negara Indonesia, pemimpin pertama Dewan Pertimbangan Agung, dan anggota Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia.

Prabowo merupakan anak ketiga dari empat bersaudara. Dirinya memiliki dua kakak perempuan bernama Biantiningsih Miderawati dan Maryani Ekowati, serta satu adik laki-laki bernama Hashim Djojohadikusumo. 

Lahir dari keluarga terhormat, Prabowo memiliki kesempatan untuk mengemban pendidikan di luar negeri sejak kecil. Dirinya mengemban pendidikan dasar di Hongkong dan pendidikan menengah di Victoria Institution, Kuala Lumpur. Prabowo kemudian pindah ke London untuk melanjutkan pendidikannya di American School in London.

Seusai menamatkan pendidikannya, Prabowo didorong oleh sang ayah untuk masuk akademi militer di Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia di Magelang. Masuknya Prabowo dalam akademi militer kemudian menjadi langkah awal perjalanan karir Prabowo di dunia militer dan politik. 

Setelah lulus dari akademi militer, pada tahun 1976 Prabowo bertugas di Pasukan Khusus Tentara Nasional Indonesia dan ditugaskan menjadi Komandan Grup 1 Komando Pasukan Sandhi Yudha (Kopassandha). Prabowo menjadi Panglima Nanggala termuda yang bertugas saat itu. 

Dilansir dari situs resmi Kementerian Pertahanan, Prabowo memiliki 12 riwayat jabatan militer. Setelah menjadi Komandan Kopassandha, Prabowo terpilih menjadi Wakil Komandan Detasemen-81 Kopassus di tahun 1983 hingga 1985, dan lanjut menjadi Wakil Komandan Batalyon Infanteri Lintas Udara Kostrad hingga tahun 1987 sebelum akhirnya menjadi Komandan Batalyon Infanteri Lintas Udara 328 Kostrad hingga tahun 1991.

Dirinya kemudian terpilih menjadi Kepala Staf Brigade Infanteri Lintas Udara 17/Kujang I/Kostrad di tahun 1991, Komandan Grup-3/Pusat Latihan Pasukan Khusus di tahun 1993, Wakil Komandan Komando Pasukan Khusus di tahun 1994, Komandan Komando Khusus di tahun 1995, Panglima Komando Pasukan Khusus di tahun 1996, Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat di tahun 1998, dan terakhir menjadi Staf dan Komandan Sekolah Komando Tentara di tahun 1998. 

Setelah menyelesaikan tugas militernya terakhir di tahun 1998, dirinya mulai terjun ke dunia politik. Pada tahun 2008 awal, Prabowo mendirikan Partai Gerindra dan ikut mencalonkan diri dalam pemilihan presiden di tahun 2009 sebagai wakil presiden dengan pasangannya Megawati Soekarnoputri.

Prabowo kemudian ikut serta dalam pemilihan presiden tahun 2014, tetapi dikalahkan oleh Joko Widodo yang kala itu merupakan Gubernur DKI Jakarta. Prabowo tidak menyerah, dirinya kembali mencalonkan diri pada pemilu tahun 2019 dengan menggandeng Sandiaga Uno sebagai wakilnya. Meskipun gagal kembali, Prabowo terpilih menjadi Menteri Pertahanan untuk periode 2019 - 2024 dalam kabinet Joko Widodo. 

Sifat persisten Prabowo untuk menjadi presiden dikarenakan sejak usia muda Prabowo memiliki cita-cita untuk memimpin negeri sebagai presiden. Cita-citanya tercapai di tahun 2024, saat dirinya kembali mencalonkan diri pada pemilu 2024 dengan wakilnya Gibran Rakabuming Raka, putra sulung Joko Widodo. 

Pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka dijadwalkan akan berlangsung pada Minggu, 20 Oktober 2024. Selamat ulang tahun ke-73 presiden terpilih Indonesia, Prabowo Subianto! (Jesslyn Samantha Rumiris Lumbantobing)


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper