Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

DPR Segera Putuskan Nama 5 Pimpinan, Ini Bocorannya

Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) segera memilih pimpinan untuk periode 2024–2029 sore ini, Selasa (1/10/2024).
Ketua DPP PDIP yang juga anggota DPR 2024-2029 Puan Maharani berjalan menuju ruang paripurna DPR, Selasa (1/10/2024)/Bisnis-Dany Saputra.
Ketua DPP PDIP yang juga anggota DPR 2024-2029 Puan Maharani berjalan menuju ruang paripurna DPR, Selasa (1/10/2024)/Bisnis-Dany Saputra.

Bisnis.com, JAKARTA - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) segera memilih pimpinan untuk periode 2024–2029 sore ini, Selasa (1/10/2024). Apabila merujuk pada Undang-undang (UU) tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD atau UU MD3, lima partai dipastikan memeroleh kursi pimpinan tertinggi cabang kekuasaan legislatif. 

PDI Perjuangan (PDIP) dipastikan kembali mendapatkan kursi Ketua DPR. Partai banteng moncong putih itu pun menyebut sudah memiliki calon tunggal untuk jabatan tersebut, yakni tidak lain dari Puan Maharani. 

Puan dipastikan kembali menjabat Ketua DPR untuk kedua kalinya, setelah lima tahun sebelumnya menjabat Ketua DPR periode 2019–2024. Politisi PDIP Aria Bima menyebut keniscayaan itu berdasarkan aturan yang tertuang pada UU MD3. 

PDIP yang merupakan pemenang Pemilu Legislatif 2024 berhak mendapatkan kursi ketua DPR. 

"Karena PDIP hanya mencalonkan satu-satunya mbak Puan sebagai pimpinan DPR, menurut MD3 tidak hanya pimpinan tetapi juga Ketua DPR. Insya Allah hari ini mbak Puan dengan tentunya partai Gerindra, partai Golkar, partai NasDem dan PKB menurut ketentuan UU MD3 akan dilantik sebagai pimpinan dan mbak Puan sebagai Ketua DPR untuk periode 2024-2029," ujarnya kepada wartawan di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (1/10/2024). 

Formasi pimpinan DPR untuk lima tahun ke depan juga tak banyak berubah. Ketua Harian Gerindra Sufmi Dasco Ahmad juga diperkirakan kembali didapuk sebagai Wakil Ketua DPR. 

"Inshaallah, Inshaallah," ujarnya saat dimintai konfirmasi oleh wartawan di Gedung DPR. 

Perbedaan ada pada tiga pimpinan DPR lainnya dari Golkar, Nasdem dan PKB. Wakil Ketua DPR dari Golkar sebelumnya yakni Lodewijk F. Paulus tidak lolos ke Senayan pada Pemilu 2024. Golkar dikabarkan bakal mencalonkan Adies Kadir. 

Kemudian, Wakil Ketua DPR sebelumnya dari Nasdem yakni Rachmat Gobel diganti oleh Saan Mustopa. Hal itu bahkan dikonfirmasi langsung oleh Ketua Umum Nasdem Surya Paloh. 

Terakhir, PKB dikabarkan mencalonkan Cucun Ahmad Syamsurijal. Hal itu lantaran Wakil Ketua DPR dari PKB sebelumnya, Muhaimin Iskandar, tidak lagi maju dalam Pemilu Legislatif 2024. Pria yang dikenal dengan nama Cak Imin itu memilih untuk maju sebagai calon wakil presiden. 

"Sekelumit tentu dari Gerindra pak Dasco, Golkar nampaknya menurut hemat saya yang saya dengar Adies Kadir, dari Nasdem saya dengar juga ada Saan Mustopa, dan dari PKB mantan ketua komisi 6 adinda [Faisol] Riza," ucap Ketua DPP PDIP Said Abdullah. 

Untuk diketahui, anggota DPR, DPD dan MPR terpilih hasil Pemilihan Umum 2024 lalu telah mengucapkan sumpah jabatan hari ini di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta. Mereka telah dilantik terlebih dahulu sebelum nantinya presiden dan wakil presiden pada 20 Oktober 2024. 


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dany Saputra
Editor : Muhammad Ridwan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper