Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bikin Geger Dunia, Jet Tempur Jerman Kepergok Bawa Bom Nuklir Buatan AS

Dunia dihebohkan dengan foto yang memperlihatkan jet tempur Jerman membawa bom nuklir AS.
Foto ilustrasu, Jet tempur Mirage 2000-5/Dassault Aviation
Foto ilustrasu, Jet tempur Mirage 2000-5/Dassault Aviation

Bisnis.com, JAKARTA - Dunia dihebohkan dengan foto yang memperlihatkan jet tempur Jerman membawa bom nuklir AS.

Dilansir dari Newsweek, jet tersebut terlihat membawa bom nuklir buatan AS selama penerbangan di pangkalan angkatan udara di California minggu lalu.

Jet tempur itu adalah "Tornado" yang ditugaskan ke angkatan udara Jerman. Untuk diketahui, ini merupakan salah satu pesawat tempur non-AS yang bersertifikat di Eropa di bawah pembagian nuklir NATO.

Foto tersebut, yang diambil pada tanggal 27 Agustus di Pangkalan Angkatan Udara Edwards di California, menunjukkan pesawat Jerman itu membawa pelatih bom nuklir B61-12 di bawah perutnya, menurut Hans Kristensen, direktur Proyek Informasi Nuklir di Federasi Ilmuwan Amerika.

B61-12 memiliki empat daya ledak yang dapat dipilih hingga 50 kiloton TNT dan merupakan varian terbaru dari keluarga senjata nuklir B61.

Dua bom atom Amerika yang dijatuhkan di Hiroshima dan Nagasaki di Jepang pada tahun 1945, satu-satunya penggunaan senjata nuklir dalam konflik bersenjata, masing-masing memiliki daya ledak 15 dan 25 kiloton.

Buletin Ilmuwan Atom memperkirakan bahwa sekitar 100 bom gravitasi nuklir B61-3 dan B61-4, dengan hasil masing-masing berkisar antara 0,3 kiloton hingga 170 dan 50 kiloton, diperkirakan ditempatkan di enam pangkalan Eropa, termasuk pangkalan udara Büchel di Jerman barat.

B61-12 memiliki masa pakai yang diperpanjang setidaknya dua dekade dan akan menggantikan semua senjata nuklir Amerika yang berbasis di Eropa selama beberapa tahun ke depan.

Dilengkapi dengan perangkat ekor berpemandu yang meningkatkan akurasi, bom tersebut dapat dipilih untuk menghasilkan daya ledak yang lebih rendah guna menyerang target yang ada, sehingga mengurangi kerusakan tambahan.

Di sisi lain, pesawat berkemampuan ganda milik Jerman tersebut mampu membawa senjata nuklir dan non-nuklir sehingga dapat mengirimkan senjata nuklir Amerika dalam suatu konflik.

NATO mengonfirmasi bahwa AS telah mengerahkan sejumlah bom gravitasi nuklir B61 di Eropa sebagai pencegahan lanjutan, yang sering digambarkan sebagai penyediaan "payung nuklir."

Senjata nuklir ini, yang tetap berada di bawah pengawasan dan kendali AS, menjamin keamanan aliansi.

Pengerahan senjata nuklir Amerika di Eropa akan berfungsi sebagai kemampuan nuklir NATO, yang bertujuan untuk mencegah agresi.

Pada bulan Maret, Kantor Direktur Intelijen Nasional di AS memperingatkan bahwa Rusia terus membangun persenjataan nuklirnya untuk mencegah musuh potensial.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper