Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kutip Santa Teresa dari Kalkuta, Paus Fransiskus Minta Umat Pedulikan Kaum Papa

Paus Fransiskus mengutip Santa Teresa dari Kalkuta dalam khotbahnya di perayaan Ekaristi atau Misa Kudus di stadion utama dan madya Gelora Bung Karno.
Paus Fransiskus saat memimpin perayaan ekaristi di  Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Kamis (5/9/2024). INDONESIA PAPAL VISIT COMMITTEE/ FAKHRI FADLURROHMAN
Paus Fransiskus saat memimpin perayaan ekaristi di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Kamis (5/9/2024). INDONESIA PAPAL VISIT COMMITTEE/ FAKHRI FADLURROHMAN

Bisnis.com, JAKARTA — Paus Fransiskus mengutip Santa Teresa dari Kalkuta dalam khotbahnya di perayaan Ekaristi atau Misa Kudus di stadion utama dan madya Gelora Bung Karno (GBK), Kamis (5/9/2024).

Pemimpin tertinggi Gereja Katolik sedunia itu mengutip Santa Teresa dari Kalkuta lantaran hari ini bertepatan dengan perayaannya. Dalam tradisi Gereja Katolik, orang yang dianggap kudus setiap tahun diperingati sebagai teladan hidup.

“Santa Teresa dari Kalkuta, yang peringatannya kita rayakan hari ini, yang tanpa lelah peduli pada orang-orang termiskin dan memajukan perdamaian dan dialog,” jelasnya.

Paus kemudian mengutip pernyataan misionaris yang hidup bersama orang-orang terpinggirkan di Kalkuta itu. 

Menurutnya, Santa Teresa yang diperingati setiap 5 September dalam kalender liturgis Gereja Katolik patut menjadi teladan agar umat Katolik tanpa lelah peduli pada nasib orang-orang miskin atau papa dan memajukan perdamaian serta dialog.

“Ketika kita tidak memiliki apa pun untuk diberikan, hendaklah kita memberikan ketiadaan itu. Dan ingatlah, bahkan ketika kamu tidak menuai apa-apa, jangan pernah lelah menabur,” demikian Paus Fransiskus mengutip Santa Teresa. 

Pria bernama asli Jorge Mario Bergoglio itu pun berpesan kepada umat Katolik di Indonesia untuk terus bermimpi dan membangun peradaban yang damai.

“Saya juga hendak berkata kepada Anda, kepada bangsa ini, kepada Nusantara yang mengagumkan dan beranekaragam ini: janganlah lelah berlayar dan menebarkan jalamu, janganlah lelah bermimpi dan membangun lagi sebuah peradaban perdamaian! Beranilah selalu untuk mengimpikan persaudaraan!”

Paus mendorong seluruh umat Katolik untuk menaburkan kasih dan dengan penuh keyakinan menempuh jalan dialog.

Selain itu, dia meminta umatnya untuk terus memperlihatkan kebaikan budi dan hati dengan senyum khas demi persatuan dan perdamaian.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper