Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pesan Paus Fransiskus untuk Umat Katolik RI: Jangan Lelah Bangun Perdamaian

Paus Fransiskus berpesan kepada umat Katolik di Indonesia untuk terus bermimpi dan membangun peradaban yang damai.
Paus Fransiskus tiba di Gereja Katedral, Jakarta, Rabu (4/9/2024).  Indonesia Papal Visit Committee/ Fakhri Fadlurrohman
Paus Fransiskus tiba di Gereja Katedral, Jakarta, Rabu (4/9/2024). Indonesia Papal Visit Committee/ Fakhri Fadlurrohman

Bisnis.com, JAKARTA — Paus Fransiskus berpesan kepada umat Katolik di Indonesia untuk terus bermimpi dan membangun peradaban yang damai.

Hal itu disampaikan dalam perayaan Ekaristi atau Misa Kudus di stadion utama dan madya Gelora Bung Karno (GBK), Kamis (5/9/2024).

Dalam Misa Kudus itu, Kepala Negara Vatikan itu mengutip kembali bacaan Injil yang berisi pesan Yesus kepada muridnya, Petrus. Dalam pesan itu tersirat tantangan kepada Paus pertama itu untuk mengambil risiko.

“Bertolaklah ke tempat yang dalam dan tebarkanlah jalamu untuk menangkap ikan,” ungkapnya.

Berdasarkan pesan tersebut, Paus Fransiskus mengimbau umat Katolik di Indonesia agar tidak lelah memperjuangkan perdamaian. 

“Saya juga hendak berkata kepada Anda, kepada bangsa ini, kepada Nusantara yang mengagumkan dan beranekaragam ini: janganlah lelah berlayar dan menebarkan jalamu, janganlah lelah bermimpi dan membangun lagi sebuah peradaban perdamaian! Beranilah selalu untuk mengimpikan persaudaraan!”

Pria bernama asli Jorge Mario Bergoglio ini pun mendorong seluruh umat Katolik untuk menaburkan kasih dan dengan penuh keyakinan menempuh jalan dialog.

Selain itu, dia meminta umatnya untuk terus memperlihatkan kebaikan budi dan hati dengan senyum khas demi persatuan dan perdamaian. 

“Dengan demikian, Anda akan menyebarkan aroma harapan di sekeliling Anda,” jelasnya.

Adapun, perayaan Ekaristi atau Misa Kudus di stadion utama dan madya GBK ini dihadiri sekitar 86.000 umat Katolik dari berbagai wilayah di Indonesia.

Berdasarkan pantauan Bisnis di lokasi, lebih dari separuh tribun stadion utama GBK terisi oleh jemaat Katolik. Sementara itu, sebagian besar umat lainnya, khususnya anak sekolah, mengikuti Misa Kudus dari stadion madya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper