Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Misi Utama Arsjad Rasjid dan 5P Global Movement dalam Kunjungan Paus Fransiskus

5P Global Movement bersama Vatikan telah menyukseskan Hari Anak Sedunia 2024 (World Children’s Day). Bagaiamana dengan Indonesia?
Paus Fransiskus tiba di Gereja Katedral, Jakarta, Rabu (4/9/2024).  Indonesia Papal Visit Committee/ Fakhri Fadlurrohman
Paus Fransiskus tiba di Gereja Katedral, Jakarta, Rabu (4/9/2024). Indonesia Papal Visit Committee/ Fakhri Fadlurrohman

Bisnis.com, JAKARTA — Kunjungan apostolik Paus Fransiskus ke Indonesia pada 3–6 September 2024 menjadi momen bagi 5P Global Movement, sebauh inisiatif global, untuk meningkatkan kesadaran masyarakat di Tanah Air akan hak-hak anak.

Co-Founder 5P Global Movement Arsjad Rasjid mengatakan, 5P Kids, inisiatif global di bawah naungan 5P Global Movement, memiliki misi utama untuk meningkatkan kesadaran global tentang hak-hak anak. 

Gerakan ini berkomitmen untuk memberikan kontribusi yang nyata melalui pendidikan dan layanan sosial, untuk membawa perubahan yang positif dan berkelanjutan. Setiap nilai 5P menempatkan anak-anak sebagai salah satu penerima manfaat yang paling penting. 

“Dunia yang damai tanpa kekerasan, yang inklusif, bumi yang aman dan bersih, dunia yang sejahtera, dan kemitraan global akan membawa harapan dan masa depan yang lebih baik bagi anak-anak,” jelasnya dalam keterangan resmi, Rabu (4/9/2024).

Arsjad menjelaskan, 5P Kids telah berkolaborasi bersama Vatikan dalam menyukseskan Hari Anak Sedunia 2024 (World Children’s Day/WCD) yang diluncurkan untuk pertama kalinya oleh Paus Fransiskus pada 22 Mei lalu di Vatikan.

Untuk itu, 5P Kids akan mendukung Keuskupan Agung Jakarta (KAJ) yang berencana mengadakan Hari Anak KAJ pada Oktober 2024. 

“Kolaborasi yang sama juga kami bawa ke Indonesia sehingga semakin banyak pihak yang peduli terhadap masa depan generasi emas Indonesia,” katanya.

Arsjad menambahkan, sejalan dengan visi pemerintah terpilih untuk mencapai pertumbuhan ekonomi 8% dan Indonesia menjadi negara maju, peran anak-anak menjadi sangat sentral ke depan.

“Mereka adalah tulang punggung Indonesia ke depan. Kita punya kewajiban untuk mempersiapkan mereka menjadi generasi yang sehat dan kuat baik dari sisi jasmani maupun dari sisi spirit, yang inklusif dan berkelanjutan,” tegas dia.

Menurut rencana, Hari Anak KAJ akan berlangsung pada 5 Oktober 2024. Sekitar 1000 anak akan diundang pada acara tersebut, sebagai respons atas WCD 2024 di Vatikan. 

Dengan 5P Kids sebagai pendukung utama, Hari Anak KAJ bakal mengambil tema “Anak Indonesia Sehat, Bersahabat, dan Menjadi Berkat.”

Terpisah, Sekjen KAJ Pastor Adi Prasojo mengatakan kehadiran Paus Fransiskus memberikan inspirasi bagi pihaknya untuk mengadakan Hari Anak KAJ pada Oktober 2024.

“Memuliakan dan merawat anak menjadi misi utama dari Hari Anak, sekaligus menjadi gerakan utama gereja untuk lebih memperhatikan generasi muda Indonesia,” ujarnya.

Adi mengatakan, anak-anak Indonesia saat ini merupakan anak-anak generasi emas 2045. Oleh karena itu, sudah menjadi kewajiban semua pihak untuk mengupayakan kondisi terbaik untuk anak, baik secara jasmani maupun spiritual.

Saat ini, anak-anak Indonesia berada dalam keprihatinan karena berbagai ancaman. Masih banyak anak Indonesia yang kekurangan gizi, mengalami kekerasan, terlibat dalam human trafficking, keterbatasan akses pendidikan, hingga dihantui masa depan yang suram.

“Kami ingin melanjutkan komitmen dan inisiatif Paus Fransiskus untuk mengajak anak-anak bersahabat dan peduli satu sama lain. Hari Anak menjadi momentum anak-anak berbela rasa, agar mereka bisa tumbuh bersama menjadi generasi emas Indonesia pada 2045,” katanya.

Seperti diketahui, 5P Global Movement merupakan inisiatif global yang bertujuan untuk mempromosikan perdamaian (Peace), kesejahteraan (Prosperity), kemanusiaan (People), bumi (Planet), dan kolaborasi (Partnership).

Saat ini, 5P Global Movement berkedudukan di Indonesia dan Eropa, dan tengah memperlebar jaringannya hingga ke Amerika Latin, Amerika Utara, Afrika, dan Timur Tengah.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper