Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Paus Fransiskus Disebut Bakal Bertemu Presiden Terpilih Prabowo Subianto

Paus Fransiskus dikabarkan akan bertemu Presiden terpilih Prabowo Subianto dalam kunjungannya ke Indonesia
Menteri Agama Indonesia Yaqut Cholil Qoumas menyambut Paus Fransiskus di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, di Tangerang, Indonesia, 3 September 2024. REUTERS/Guglielmo Mangiapane
Menteri Agama Indonesia Yaqut Cholil Qoumas menyambut Paus Fransiskus di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, di Tangerang, Indonesia, 3 September 2024. REUTERS/Guglielmo Mangiapane

Bisnis.com, JAKARTA - Pemimpin Tertinggi Gereja Katolik Paus Fransiskus disebut akan bertemu dengan Presiden terpilih 2024-2029 Prabowo Subianto dalam kunjungannya ke Indonesia. 

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan Paus Fransiskus rencananya akan melakukan pertemuan dengan Presiden Terpilih Prabowo Subianto selama kunjungannya di Indonesia pada 3-9 September 2024. 

“Rencananya begitu, nanti akan ada pertemuan dengan presiden terpilih dalam satu pertemuan, nanti ditanya teknisnya ke protokol negara. Itu ada memang, saya lihat rundownnya tapi tidak hafal,” kata Yaqut kepada wartawan, Selasa (3/9/2024). 

Sri Paus Fransiskus sendiri tiba di Bandara Soekarno Hatta, Jakarta pada pukul 11.25 WIB. Indonesia akan menjadi negara pertama dalam rangkaian kunjungan Apostolik Paus Fransiskus. Nantinya kunjungan akan dilanjutkan ke Port Moresby, Papua Nugini dan Vanimo dari 6-9 September; Dili, Timor Leste dari 9-11 September; dan Singapura dari 11-13 September.

Berikut Jadwal lengkap Paus Fransiskus selama di Indonesia:

Selasa, 3 September 2024

Paus Fransiskus dijadwalkan tiba di Bandara Soetta, Jakarta pada 11.30 WIB setelah meninggalkan Bandar Udara (Bandara) Internasional Fiumicino Roma menuju Jakarta pada 2 September 2024 pukul 17.15 waktu Roma.Setelah itu, Paus akan beristirahat di Kedutaan Besar Vatikan, Jakarta Pusat. 

Rabu, 4 September 2024 

Pada hari kedua di Indonesia, Paus akan melakukan kunjungan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka sekitar pukul 10.00 WIB. Masih di hari yang sama, Paus juga akan bertemu dengan para pejabat pemerintahan, korps diplomatik, tokoh-tokoh masyarakat dan masyarakat sipil di Aula Istana Negara.

Selanjutnya sekitar pukul 11.30 WIB, Paus akan melakukan pertemuan pribadi dengan anggota Serikat Jesuit di Apostolic Nunciantura kantor Kedutaan Besar Vatikan di Jakarta. Pada sore harinya sekitar pukul 16.30 WIB, Sri Paus dijadwalkan bertemu para uskup, imam, diakon, biarawan-biarawati, seminaris, dan katekis di Gereja Maria Diangkat ke Surga, Gereja Katedral Jakarta. Kaum muda dari Scholas Occurantes juga diberi kesempatan berjumpa Paus Fransiskus di Youth Center Graha Pemuda Senayan pada pukul 17.35 WIB.

Kamis, 5 September 2024 

Paus Fransiskus menghadiri interreligious meeting atau pertemuan dengan para tokoh antaragama di Masjid Istiqlal Jakarta sekitar pukul 09.00 WIB. Setelah itu, Paus akan melakukan pertemuan dengan penerima manfaat organisasi amal di kantor Konferensi Waligereja Indonesia (KWI).

Sore harinya pada pukul 17.00 WIB, Paus akan mempersembahkan misa akbar di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta. Misa ini bakal dihadiri sekitar 80.000 ribu umat Katolik.

Jumat, 6 September 2024

Pada Jumat, Paus Fransiskus bertolak dari Jakarta menuju Port Moresby, Papua Nugini pada 6 September 2024 sekitar pukul 9.45 WIB melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Paus Fransiskus disebut akan menggunakan maskapai Garuda Indonesia. 


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Artha Adventy
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper