Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

10 Masjid Ikonik di Jabodetabek yang Patut Dikunjungi

Wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi yang biasa disingkat dengan Jabodetabek mempunyai masjid ikonik yang patut dikunjungi.
Masjid Al Azhar/Al-Azhar
Masjid Al Azhar/Al-Azhar

Bisnis.com, JAKARTA - Wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi yang biasa disingkat dengan Jabodetabek mempunyai masjid ikonik yang patut dikunjungi.

Masjid di Jabodetabek menjadi salah satu bangunan yang menarik perhatian masyarakat. Tidak hanya menjadi tempat ibadah, tetapi juga sebagai destinasi wisata religi.

Lalu, apa saja masjid yang berada di Jabodetabek? Berikut adalah 10 masjid yang wajib dikunjungi di Jabodetabek.

1. Masjid Istiqlal, Jakarta
Masjid terbesar di Asia Tenggara ini sudah menjadi ikon Jakarta dan Indonesia. Masjid yang dapat menampung lebih dari 200 ribu jamaah ini dirancang oleh arsitek Frederich Silaban dan diresmikan pada tahun 1978.
 
Masjid ini memiliki halaman yang luas, kubah besar, dan menara yang menjulang tinggi, menjadikannya salah satu destinasi wajib bagi wisatawan yang datang ke ibu kota Jakarta.
 
2. Masjid At-Tin, Jakarta Timur
Masjid ini didirikan oleh keluarga besar Soeharto untuk mengenang Ibu Negara Tien Soeharto, istri mantan Presiden Soeharto.
 
Terletak di kawasan Taman Mini Indonesia Indah, Masjid At-Tin memiliki desain arsitektur yang megah dengan kapasitas sekitar 26 ribu jamaah.
 
Bangunan dengan dasar bentuk kubus disertai menara kecil beratap kubah dan halaman masjid yang terdapat banyak pohon salem dan hiasan lampu cantik yang terlihat saat malam hari sangat menarik para wisatawan untuk berkunjung.
 
Selain menjadi pilihan destinasi wisata religi, masjid ini sering menjadi tempat penyelenggaraan berbagai acara keagamaan dan pernikahan.
 
3. Masjid Agung Al-Azhar, Jakarta
Berlokasi di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Masjid Raya Al-Azhar adalah salah satu masjid yang menjadi pusat kegiatan Islam. Didirikan pada tahun 1953 oleh Yayasan Pesantren Islam (YPI), masjid ini memiliki bangunan berwarna putih bersih bercorak khas Betawi memadukan unsur-unsur tradisional dan modern. Kompleks masjid ini juga menjadi tempat berdirinya Universitas Al-Azhar Indonesia.
 
4. Masjid Raya Al-Mi'raj, Bogor
Masjid Raya Bogor adalah salah satu masjid terbesar dan tertua di Bogor. Masjid ini dibangun pada tahun 1970 dan mampu menampung sekitar 10.000 jamaah dengan luas 4.057 meter persegi. Masjid ini tidak kalah megah dan luasnya dengan masjid lainnya, sehingga kerap ramai dengan kunjungan jamaah.

Selain sebagai tempat ibadah, masjid ini juga menjadi pusat kegiatan sosial dan pendidikan di kota Bogor. Saat berkunjung ke Masjid Raya Al-Mi'raj ini, Anda bisa sambil menikmati pemandangan Gunung Salak dari masjid.
 
5. Masjid Agung Al-Barkah, Bekasi
Masjid Agung Al-Barkah adalah masjid terbesar dan tertua di Kota Bekasi. Terletak di dekat alun-alun kota Bekasi, masjid ini memiliki arsitektur modern dan tradisional dengan paduan warna hijau emasnya.

Masjid ini tidak hanya menjadi tempat ibadah, tetapi juga pusat kegiatan keagamaan dan sosial bagi warga Bekasi. Selain itu, masjid banyak di kelilingi beragam penjual kuliner, Kantor Walikota, Polres Bekasi, dan Rumah Sakit Umum Daerah Bekasi.
 
6. Masjid Agung Al-Furqon, Tangerang
Masjid Agung Al-Furqon terletak di pusat kota Tangerang. Masjid ini memiliki desain arsitektur yang unik terinspirasi dari khas Eropa Timur. Masjid ini dikenal dengan kubah masjid yang berwarna-warni terang dan berbentuk kerucut. Kapasitas masjid ini mencapai 2.500 jamaah dan kerap digunakan untuk berbagai kegiatan keagamaan.
 
7. Masjid Babah Alun, Tanjung Priok, Jakarta Utara
Bangunan masjid yang di desain arsitektur corak Tionghoa dan Islam yang megah, sangat menarik masyarakat bahkan wisatawan untuk beribadah di masjid ini. Berbeda dengan masjid yang lain, Masjid Babah Alun ini terletak di bawah tol kawasan Tanjung Priok.
 
Para jamaah yang hadir ke masjid ini akan disuguhkan dengan berbagai kaligrafi tulisan Arab yang menarik. Selain itu, juga terdapat kaligrafi yang berbahasa Mandarin. Hal ini menunjukkan perpaduan campuran dua budaya yang terdapat pada masjid ini.
 
8. Masjid Lautze, Sawah Besar, Jakarta Utara
Terletak di kawasan Sawah Besar, Jakarta Utara, masjid ini berbeda dari masjid-masjid pada umumnya karena letaknya yang berada di tengah-tengah lingkungan pertokoan dan memiliki arsitektur yang dipengaruhi oleh budaya Tionghoa.
 
Menariknya, Masjid Lautze tidak memiliki kubah atau menara, namun hanya berbentuk bangunan ruko yang memiliki empat lantai. Bangunan masjid yang berwarna merah kuning ini sangat menonjolkan budaya Tionghoa dan menarik untuk dikunjungi oleh wisatawan.
 
9. Masjid Dian Al-Mahri, Depok
Dikenal dengan sebutan Masjid Kubah Emas, Masjid Dian Al-Mahri adalah salah satu masjid terindah dan terluas di Indonesia. Dengan kubah berlapis emas, masjid ini memancarkan kemewahan dan keagungan yang luar biasa. Masjid ini menjadi destinasi favorit bagi wisatawan religi yang ingin beribadah sambil menikmati dan melihat langsung arsitektur megah masjid ini.
 
10. Masjid Cut Meutia, Menteng, Jakarta Pusat
Masjid Cut Meutia adalah salah satu masjid bersejarah yang terletak di Jalan Cut Meutia No. 1, Menteng, Jakarta Pusat, dekat dengan Stasiun Gondangdia. Masjid ini memiliki keunikan tersendiri karena awalnya bukan dibangun sebagai tempat ibadah, melainkan sebagai gedung pusat biro arsitek pada masa kolonial Belanda.

Dengan desain bangunan yang khas kolonial Belanda, masjid ini ramai dengan kunjungan masyarakat sekitar bahkan pengunjung dari luar untuk beribadah atau wisata religi.
 


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper