Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Daftar 10 Masjid Paling Besar di Indonesia dan Alamat Lengkap

Indonesia yang sebagian besar penduduknya memeluk agama Islam mempunyai masjid besar. Berikut adalah 10 masjid terbesar di Indonesia berserta alamat lengkap.
Umat muslim berbuka puasa di Masjid Istiqlal, Jakarta, Rabu (13/3/2024). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Umat muslim berbuka puasa di Masjid Istiqlal, Jakarta, Rabu (13/3/2024). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA - Indonesia yang sebagian besar penduduknya memeluk agama Islam mempunyai masjid besar untuk beribadah.

Selain untuk beribadah, masjid juga dijadikan tempat untuk merayakan peringatan hari penting Islam juga berbagai kegiatan religius Islam lainnya.
 
Tak jarang masjid besar ini terdapat kantor dari beberapa organisasi Islam yang diakui oleh masyarakat Indonesia. Oleh sebab itu, setiap wilayah Indonesia memiliki masjid terbesar yang mampu menampung banyak jamaah.
 
Selain ukuran masjid yang besar, masjid tersebut memiliki desain arsitektur yang megah, sehingga menarik masyarakat untuk datang ke masjid dan beribadah dengan nyaman.

Apa saja masjid besar yang ada di Indonesia? Berikut adalah 10 masjid terbesar di Indonesia berserta alamat lengkap.

1. Masjid Istiqlal di Jakarta

Masjid Istiqlal, yang terletak di pusat ibu kota Jakarta adalah masjid terbesar di Indonesia bahkan se-Asia Tenggara. Lokasi tepat Masjid Istiqlal berada di Jl. Taman Wijaya Kusuma, Ps. Baru, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat.
 
Mulai dibangun pada tanggal 24 Agustus 1961 dengan memiliki luas bangunan 24.200 meter persegi, berdiri di atas lahan seluas 9.8247 meter persegi, dihiasi mahkota kubah besar diameter 45 meter yang ditopang 12 tiang besar dan menara tinggi 96 meter ini menghabiskan biaya dari APBN sebesar Rp 7 Miliyar.
 
Selesai dibangun dan diresmikan pada tanggal 22 Februari 1978 oleh Presiden Soeharto, masjid ini mampu menampung lebih dari 200 ribu jamaah.
 
Masjid ini di desain oleh arsitek Frederich Silaban dengan gaya modern dan megah, serta dinding bangunan dilapisi marmer.
 
Bagi penduduk Jakarta, sudah tak asing lagi dengan masjid ini. Selain menjadi masjid pilihan masyarakat untuk dikunjungi, Masjid Istiqlal juga menjadi tempat ibadah yang sering didatangi oleh para penjabat RI dan imam besar Islam.

2. Masjid Al-Akbar di Surabaya

Masjid Al-Akbar adalah salah satu masjid terbesar di Indonesia. Masjid ini juga menjadi pusat kegiatan agama dan pendidikan di Surabaya.
 
Dengan perpaduan gaya arsitektur budaya Melayu, India, Turki, dan Arab, masjid ini terkenal dengan kubah berbentuk setengah telur berwarna toska dengan 1,5 tingkat dan tinggi 27 meter.
 
Selain itu, corak yang menghiasi kemegahan Masjid Al-Akbar juga menjadi hal menarik. Para jamaah yang hadir akan disuguhkan ukiran dan kaligrafi nuansa khas Indonesia yang cantik.
 
Masjid Al-Akbar dibangun tanggal 4 Agustus 1995 dan diresmikan oleh Presiden KH Abdurrahman Wahid tanggal 10 November 2000.
 
Setelah selesai dibangun, Masjid Al-Albar memiliki kapasitas hingga 59 ribu jamaah dan menjadi masjid skala nasional terbesar kedua di Indonesia.
 
Lokasi tepat Masjid Al-Akbar berada di Jl. Masjid Al-Akbar Timur No. 1, Pagesangan, Kecamatan Jambangan, Surabaya, Jawa Timur.

3. Masjid Raya Baiturrahman di Banda Aceh

Masjid yang ikonik ini menjadi simbol ketahanan masyarakat Aceh, terutama setelah selamat dari terjangan tsunami pada tahun 2004 dan terjadi renovasi pembangunan.
 
Masjid Raya Baiturrahman memiliki arsitektur khas dengan kubah hitam dan pilar-pilar yang kokoh, serta mampu menampung sekitar 13 ribu jamaah.
 
Masjid ini memiliki lahan sekitar 31 ribu meter persegi, luas bangunan sekitar 4 ribu meter persegi. Kolom air mancur yang menghiasi Masjid Raya Baiturrahman menjadi penarik para pengunjung yang datang.
 
Dibangun pada tahun 1973, masjid ini di desain dengan gaya arsitektur India atau Moghul, Kesultanan Turki Utsmani dan menjadi salah satu masjid termegah di Indonesia.
 
Lokasi tepat Masjid Raya Baiturrahman berada di Jl. Moh. Jam No.1, Kp. Baru, Kecamatan Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Aceh.

4. Masjid Agung Jawa Tengah di Semarang

Masjid Agung Jawa Tengah merupakan masjid yang memiliki perpaduan arsitektur Jawa Yunani dan Islam.
 
Masjid ini memiliki luas 10 hektar dipadukan 25 pilar warna ungu yang memiliki unsur arsitektur Yunani.
 
Dibangun tahun 2002 dan diresmikan tahun 2006, Masjid Agung Jawa Tengah merupakan masjid di Semarang yang populer dikunjungi oleh penduduk bahkan pendatang.
 
Masjid Agung Jawa Tengah memiliki kapasitas dapat menampung 15 ribu jamaah di bagian dalam dan kapasitas 10 ribu jamaah untuk bagian luar masjid.
 
Masjid ini juga dilengkapi dengan payung hidrolik sebanyak 6 buah seperti di Masjid Nabawi, Madinah.

5. Masjid An Nur di Pekanbaru

Masjid An-Nur di Pekanbaru sering disebut sebagai Taj Mahal-nya Indonesia karena kemiripannya dengan bangunan di India tersebut.
 
Masjid ini dapat menampung hingga 4.500 jamaah dan memiliki kubah besar serta empat menara yang menjulang tinggi.
 
Dengan luas bangunan sekitar 2.500 meter persegi dengan luas lahan 80 ribu meter persegi, berhasil membangun masjid An Nur dengan nuansa budaya Melayu dan diresmikan 19 Oktober 1968.
 
Masjid An-Nur memiliki 3 lantai yang terdiri dari berbagai fasilitas, seperti fasilitas pendidikan dan aula yang bisa dinikmati para pengunjung.

6. Masjid Kubah Emas Dian Al-Mahri di Depok

Masjid yang terkenal kemegahannya dengan kubah berlapis emasnya terletak di Depok, Jawa Barat.
 
Masjid Kubah Emas memiliki luas sekitar 8.000 meter persegi, sehingga mampu menampung 20 ribu jamaah dan sering dijadikan sebagai destinasi wisata religi oleh umat Islam dari berbagai daerah.
 
Masjid ini mengadaptasi gaya arsitektur budaya Timur Tengah dan dihiasi dengan ukiran kaligrafi yang unik dan menarik bagi para pengunjung.

Alamat Masjid Kubang Emas Dian Al-Mahri berada di Jl. Meruyung Raya, Kelurahan Meruyung, Kecamatan Limo, Kota Depok, Jawa Barat

7. Masjid Raya Sumatra Barat di Padang

Masjid Raya Sumatra Barat adalah salah satu masjid terbesar dan paling ikonik di provinsi Sumatra Barat.

Terletak di Kota Padang, masjid ini menjadi pusat kegiatan keagamaan sekaligus menggambarkan kekayaan budaya Minangkabau
 
Desainnya terinspirasi dari rumah adat Minangkabau, yaitu Rumah Gadang yang terkenal dengan atap bergonjong. Atap masjid ini memiliki sudut yang melengkung ke atas, mirip dengan gonjong pada Rumah Gadang.
 
Kapasitasnya mampu menampung sekitar 20 ribu jamaah di area dalam dan luar masjid.

Masjid Raya Sumatra Barat dibangun di atas lahan seluas sekitar 40.000 meter persegi. Bangunan masjid itu sendiri memiliki luas sekitar 18.000 meter persegi.
 
Lokasi tepat Masjid Sumatra Barat berada di Jl. Khatib Sulaiman, Alai Parak Kopi, Kecamatan Padang Utara, Kota Padang, Sumatera Barat.

8. Masjid Agung Tuban di Jawa Timur

Masjid Agung Tuban atau Masjid Jami merupakan masjid yang didesain dengan perpaduan gaya arsitektur Timur Tengah, Eropa dan India.
 
Masjid Agung Tuban memiliki kapasitas yang cukup besar untuk menampung sekitar 2.000 jamaah. Kapasitas ini mencakup dua area dalam masjid yakni area serambi dan ruang sholat utama.
 
Masjid ini berdiri di atas lahan dengan luas sekitar 3.565 meter persegi, sehingga menjadi salah satu masjid terbesar di Indonesia.
 
Lokasi tepat Masjid Agung Tuban berada di Jl. Bonang, Kutorejo, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

9. Masjid Agung Banten di Banten

Masjid Agung Banten adalah salah satu masjid tertua di Indonesia dan merupakan simbol kejayaan Kesultanan Banten.
 
Bangunannya menggabungkan unsur-unsur arsitektur Jawa, Eropa, Hindu, dan Tiongkok.

Salah satu ciri khas dari masjid ini adalah menaranya yang berbentuk seperti mercusuar, biasa digunakan sebagai tempat mengumandangkan adzan serta sebagai menara pengintai pada masa lalu.
 
Bangunan utama masjid memiliki atap bertingkat lima yang menyerupai pagoda. Masjid Agung Banten dapat menampung sekitar 2 ribu jamaah.
 
Masjid Agung Banten berdiri di atas lahan seluas sekitar 1,3 hektar. Bangunan utama masjid memiliki luas sekitar 1.500 meter persegi.
 
Lokasi tepat masjid berada di Jl. Komp. Masjid Agung Banten, RT./RW/RW.001/011, Banten, Kecamatan Kasemen, Kota Serang, Banten.

10. Masjid Al-Irsyad di Bandung

Masjid ini menjadi salah satu yang terbesar dan dikenal karena desain arsitekturnya yang unik, berbeda dari kebanyakan masjid di Indonesia.
 
Masjid ini memiliki bentuk kubus, yang terinspirasi dari Ka'bah di Masjidil Haram, Mekkah. Desain minimalisnya menonjolkan kesederhanaan, namun tetap terlihat elegan dan megah.
 
Masjid Al-Irsyad memiliki kapasitas untuk menampung sekitar 1.500 jamaah. Selain itu, masjid memiliki luas sekitar 1 hektar. Luas bangunan masjid ini memungkinkan pengunjung dan jamaah untuk merasa nyaman saat beribadah.
 
Lokasi tepat masjid ini berada di Jl. Parahyangan KM. 2,7, Kota Baru Parahyangan, Cipeundeuy, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper