Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Profil Made Muliawan - Agus Suradnyana Calon Gubernur Bali Menantang Petahana PDI Perjuangan

Koalisi pengusung Presiden Terpilih Prabowo resmi mengusung Made Muliawan Arya atau De Gadjah-Putu Agus Suradnyana (PAS) sebagai calon gubernur Bali 2024-2029.
Pilkada 2024/kpukotacimahi
Pilkada 2024/kpukotacimahi

Bisnis.com, DENPASAR - Koalisi pengusung calon presiden Prabowo Subianto alias Koaliasi Indonesia Maju (KIM) resmi mengusung Made Muliawan Arya atau De Gadjah berpasangan dengan mantan Bupati Buleleng dua periode Putu Agus Suradnyana (PAS) dalam Pilkada Bali 2024. 

Pasangan De Gadjah - PAS didaftarkan ke Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Bali pada Kamis (29/8/2024) pukul 12.11 Wita. Ini adalah pasangan kedua yang mendaftar setelah sebelumnya pasangan petahana Gubernur dan Wakil Gubernur Bali, I Wayan  Koster–Nyoman Giri Prasta (Koster - Giri) dari penguasa wilayah, PDI Perjuangan.

Partai pengusung De Gadjah - PAS yakni Gerindra, Golkar, Nasdem, Demokrat, PSI, PKS, PKN, dan PAN. Keduanya datang bersama partai pengusung dan ribuan pendukungnya. De Gadjah dan PAS datang menggunakan baju biru muda khas Prabowo - Gibran.

Usai mendaftar, De Gadjah menyebut niatnya bertarung di Pilgub untuk mengabdi sebagai pelayan masyarakat Bali. "Kami menyerahkan jiwa raga kami kepada masyarakat Bali. Untuk Bali yang lebih maju dan menuju Indonesia emas 2045," jelas De Gadjah kepada media, Kamis (29/8/2024). 

Maju di basis banteng, kedua pasangan ini optimis untuk menang, apalagi pada Pilpres 2024 Prabowo - Gibran menang di Bali menjadi modal mereka menggaet suara pemilih di Bali.

Profil De Gadjah dan PAS

Kedua pasangan ini merupakan politisi senior di Bali, De Gadjah mengawali karir politiknya dengan menjabat sebagai anggota DPRD Kota Denpasar selama dua periode yakni 2014 - 2019 dan 2019 - 2024. Pada Pemilu 2024 De Gadjah terpilih sebagai anggota DPRD Provinsi Bali.

Made Muliawan Arya atau De Gadjah merupakan sosok kelahiran Denpasar 12 Mei 1981. Pendidikan formalnya dimulai di SMAN 7 Denpasar pada tahun 1999, sebelum melanjutkan studi di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Malangkucecwara, Kota Malang, Jawa Timur, dari tahun 1999 hingga 2003.

Selama menempuh pendidikan di STIE Malangkucecwara, De Gadjah aktif dalam organisasi Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (KMHDI). 

Karir politik De Gadjah dimulai dari Tunas Muda Raya (Tidar) Bali, organisasi sayap Partai Gerindra sebagai wakil ketua. Karir politiknya semakin bersinar saat berhasil duduk sebagai Wakil Ketua DPRD Denpasar periode 2014-2019. Kemudian, ia dipercaya menjadi Ketua DPC Partai Gerindra Denpasar periode 2017-2021, dan pada Pemilu 2019, ia kembali terpilih sebagai Wakil Ketua DPRD Denpasar untuk periode 2019-2024.

Puncak karir politik De Gadjah terjadi pada tahun 2021, saat ia dipilih menjadi Ketua DPD Partai Gerindra Bali. Di bawah kepemimpinannya, Partai Gerindra berhasil mengantarkan pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka meraih kemenangan di Bali pada Pemilu 2024, meskipun Bali dikenal sebagai basis kuat PDIP.

De Gadjah juga terpilih sebagai anggota DPRD Bali dari daerah pemilihan (dapil) Denpasar, dengan perolehan suara tertinggi sebanyak 49.091 suara, menjadikannya calon legislatif dengan suara terbanyak di dapil tersebut. 

Menariknya, De Gadjah menggandeng Putu Agus Suradnyana, seorang politisi berpengalaman dari Bali, dikenal sebagai Bupati Buleleng selama dua periode, yaitu dari 2012 hingga 2017 dan dilanjutkan pada periode 2017 hingga 2022. Dalam perjalanan karier politiknya, Suradnyana pernah menjadi kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) dan dipercaya menjabat sebagai Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Buleleng. Meski begitu, PAS dikabarkan baru saja dipecat oleh PDI Perjuangan.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper