Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tanpa Golkar, PDIP Usung Airin-Ade Sumardi di Pilgub Banten Sendirian

PDIP esmi menyerahkan rekomendasi kepada bakal calon gubernur dan wakil gubernur Banten Airin Rachmi Diany-Ade Sumardi untuk maju dalam Pilkada Banten.
DPP PDIP mengusung calon gubernur dan calon wakil gubernur Banten, Airin Rachmy dan Ade Sumardi di ICE BSD Tangerang, Minggu (25/8/2024). (Bisnis/Rizqi Rajendra).
DPP PDIP mengusung calon gubernur dan calon wakil gubernur Banten, Airin Rachmy dan Ade Sumardi di ICE BSD Tangerang, Minggu (25/8/2024). (Bisnis/Rizqi Rajendra).

Bisnis.com, JAKARTA - PDI Perjuangan (PDIP) resmi menyerahkan rekomendasi kepada bakal calon gubernur dan wakil gubernur Banten Airin Rachmi Diany-Ade Sumardi untuk maju dalam Pilkada Serentak 2024 pada hari ini, Minggu (25/8/2024).

Deklarasi Airin-Ade Sumardi itu berlangsung di tengah rumor penarikan rekomendasi Airin oleh DPP Golkar di Pilgub Banten.

Adapun penyerahan rekomendasi kepada Airin dilakukan oleh Ketua DPP PDIP Ahmad Basarah. "Keputusan DPP Partai, calon gubernur Airin Rachmi Diany dan calon wakil gubernur Ade Sumardi," kata Basarah.

Berdasarkan undangan internal PDIP yang diterima Bisnis, deklarasi tersebut bertempat di ICE BSD, Tangerang, Banten pada Minggu (25/8/2024). 

Selain bacagub-bacawagub, PDIP juga bakal mengusung Walikota dan Bupati di wilayah Banten pada agenda deklarasi Airin-Ade. 

Sejauh ini hanya PDIP dan Golkar yang belum memutuskan untuk merapat ke Koalisi Banten Maju. Koalisi gemuk itu diisi oleh 10 partai mulai dari Gerindra, PKS, Demokrat, NasDem, PKB, PAN, PPP, PSI, Garuda dan Prima. 

Partai yang tergabung pada Koalisi Indonesia Maju menyatakan untuk sepakat untuk mendukung Andra Soni-Dimyati Natakusumah di Pilkada Banten 2024.

Adapun, deklarasi Airin-Ade menandakan kesiapan PDIP-Golkar untuk berkompetisi dengan Koalisi Banten Maju yang mengusung pasangan Andra Soni dan Dimyati Natakusumah.

Golkar Tarik Rekomendasi

Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar menarik dukungan kepada Airin Rachmi Diany di Pemilihan Gubernur Banten 2024, dan mengikuti kesepakatan di Koalisi Indonesia Maju (KIM).  

Ketua DPD I Partai Golkar Provinsi Banten, Ratu Tatu Chasanah mengonfirmasi bahwa DPP Golkar menarik dukungan untuk Airin Rachmy Diani di Pilkada Banten. 

Dia mengatakan, pihaknya dan Airin telah melakukan pertemuan antara Ketua Umum Golkar Bahlil Lahadalia, dan beberapa petinggi partai Golkar lainnya.

"Saya malam kemarin dengan Bu Airin ke Ketum Bahlil, ada Pak Sekjen dan disampaikan bahwa rekomendasi, dengan berat hati, dan mohon maaf enggak bisa diberikan ke Bu Airin, SK belum diterima dengan pernyataan itu. Kami selaku kader harus memahami dan Ketum sampaikan ini buat keselamatan Partai Golkar," ujar Ratu Tatu kepada wartawan di ICE BSD, Tangerang pada Minggu (25/8/2024).

Pada saat yang sama, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menyatakan deklarasinya untuk pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Banten, Airin Rachmy-Ade Sumardi.

Berdasarkan pantauan Bisnis di lokasi deklarasi tersebut yang bertempat di Hall 1 ICE BSD, Tangerang, Banten pada Minggu (25/8/2024) pukul 13.45 WIB, terpantau ribuan pendukung Airin-Ade tampak memadati lokasi deklarasi tersebut.

Acara tersebut bertajuk "Deklarasi Banten Maju Bersama dan Penyerahan SK DPP PDI Perjuangan".

Mayoritas pendukung Airin-Ade juga tampak memakai atribut PDIP dengan nuansa merah dan hitam. "SK B1 KWK belum diterima dari DPP ke Provinsi, masih dirumuskan, nanti akan diserahkan dan saya akan ambil. Namun memang, yang pasti soal penarikan dukungan pada Bu Airin, itu yang baru saya tahu," ujarnya. 


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rizqi Rajendra
Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper