Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PDIP Deklarasikan Airin, Golkar-KIM Plus Pecah Kongsi di Banten?

PDIP akan mendeklarasikan pasangan Airin-Ade Sumardi kendati Golkar tercatat masih sebagai bagian dari Koalisi Indonesia Maju alias KIM Plus.
Calon anggota legislatif Partai Golkar Airin Rachmi Diany/Antara
Calon anggota legislatif Partai Golkar Airin Rachmi Diany/Antara

Bisnis.com, JAKARTA -  PDI Perjuangan (PDIP) tetap akan mengusung politikus Golkar Airin Rachmi Diani sebagai bakal calon gubernur Banten kendati Golkar masih bergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus.

Airin akan berpasangan dengan Politikus PDIP Ade Sumardi pada Pemilihan Gubernur alias Pilgub Banten 2024. 

Airin sebelumnya menjadi kandidat kuat untuk maju sebagai bakal calon Gubernur Banten. Namun karena terjadi perubahan konstelasi di internal partai yang ditandai dengan mundurnya Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto dan terpilihnya Bahlil Lahadalia sebagai penggantinya, nasib pencalonan Airin berada di persimpangan jalan. 

Adapun Bahlil adalah salah satu menteri yang cukup strategis di era pemerintahan Joko Widodo alias Jokowi. Ia menjabat sebagai ketua Satgas Investasi dan Satgas Percepatan Investasi di Ibu Kota Negara alias IKN. Pekan lalu, Bahlil bahkan dilantik sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral alias ESDM.

Sementara itu, Golkar merupakan bagian dari Koalisi Indonesia Maju yang pada pemilihan presiden (Pilpres) 2024 lalu mendukung pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Koalisi super jumbo tersebut belakangan berlanjut bahkan bertambah besar dengan bergabungnya PPP, PKB, hingga Nasdem ke barisan. Istilah KIM Plus kemudian lahir dan berencana bersatu untuk mengusung calon kepala daerah yang sama di Pilkada 2024, salah satunya Banten.

KIM plus mengusung pasangan Andra Soni dan Dimyati Natakusuma. Andra Soni adalah politikus Gerindra. Sedangkan Dimyati merupakan politikus PKS. Artinya, munculnya Airin - Ade di luar skema KIM Plus.

Di tengah ketidakpastian itu, PDIP akhirnya mendeklarasikan Airin-Ade sebagai bakal cagub dan cawagub Banten. Mereka akan mendeklarasikan pasangan tersebut pada hari ini, Minggu (25/8/2024).

"Benar ya [kami mengusung duet Airin-Ade di Pilkada 2024]" kata Ketua DPC PDIP Tangerang Selatan Wanto Sugito saat dihubungi, Minggu (25/8/2024).

Berdasarkan undangan internal PDIP yang diterima Bisnis, deklarasi tersebut bakal bertempat di ICE BSD, Tangerang, Banten pada Minggu (25/8/2024). 

Selain bakal cagub-cawagub, PDIP juga bakal mengusung Walikota dan Bupati di wilayah Banten pada agenda deklarasi Airin-Ade.

Golkar dan PDIP 

Adapun sebelumnya, sejauh ini hanya PDIP dan Golkar yang belum memutuskan untuk merapat ke Koalisi Banten Maju. Koalisi gemuk itu diisi oleh 10 partai mulai dari Gerindra, PKS, Demokrat, NasDem, PKB, PAN, PPP, PSI, Garuda dan Prima. 

Partai yang tergabung pada Koalisi Indonesia Maju menyatakan untuk sepakat untuk mendukung Andra Soni-Dimyati Natakusumah di Pilkada Banten 2024.

Adapun, deklarasi Airin-Ade menandakan kesiapan PDIP-Golkar untuk berkompetisi dengan Koalisi Banten Maju yang mengusung pasangan Andra Soni dan Dimyati Natakusumah.

"Nanti aja kita deklarasi. Kalau kita sudah deklarasi berarti siap. Namanya demokrasi kan gitu. Persoalannya tinggal bagaimana berkampanye ke masyarakat. Menyampaikan program karena kedaulatan di tangan rakyat," katanya.

Hingga saat ini di Provinsi Banten hanya tersisa PDIP dan Golkar yang masih belum bergabung maupun mendeklarasikan koalisi. Apabila keduanya sepakat maka koalisi yang dibangun oleh PDIP dan Golkar akan melawan Koalisi Banten Maju yang berisikan 10 partai politik.

Deklarasi dukungan digelar di Hotel Yasmin, Kabupaten Tangerang pada Minggu, (4/8). Kesepuluh partai politik yaitu Partai Gerindra, PKS, Demokrat, NasDem, PKB, PAN, PPP, PSI, Garuda dan Prima.

Partai yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) itu sepakat untuk memenangkan Andra Soni-Dimyati Natakusumah di Pilgub Banten 2024. 


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper