Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PDIP-Golkar Sepakat Usung Airin di Pilgub Banten

PDIP akan mengusung politikus Golkar Airin Rachmi Diany sebagai calon gubernur Banten.
Politikus Partai Golkar Airin Rachmi Diany/Antara
Politikus Partai Golkar Airin Rachmi Diany/Antara

Bisnis.com, JAKARTA --Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Said Abdullah mengonfirmasi bahwa PDIP akan mengusung politikus Golkar Airin Rachmi Diany sebagai calon gubernur Banten.

Said menuturkan bahwa komunikasi politik antara PDIP dan Golkar terus berlangsung, kendati di beberapa daerah kedua partai memiliki sikap yang berbeda dalam mengusung seorang kepala daerah.

"Insyaallah orang keduanya dari PDIP, mbak Airin dari Golkar. Kan itu sebuah keniscayaan di satu titik Golkar bisa bersama di titik lain Golkar tidak bisa bersama," ujar Said, Senin (5/8/2024).

Kabar PDIP mendukung Airin sejatinya bukan sesuatu yang baru. Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat sebelumnya sudah mengonfirmasikan wacana kerja sama politik tersebut.

Djarot mengaku, pihaknya sudah memutuskan untuk mendorong Ketua DPD PDIP Banten Ade Sumardi sebagai calon wakil gubernur Banten 2024, berpasangan dengan calon gubernur usungan Golkar Airin Rachmi Diany.

"Betul [PDIP dukung Airin]. Kalau untuk Banten, kalau enggak salah Pak Ade Ketua DPD [PDIP] Banten [yang didorong jadi cawagub Airin]," ungkap Djarot di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (11/7/2024).

Sementara itu, Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad tidak menampik adanya pecah kongsi dua partai politik terbesar KIM di Pilkada Banten: antara Golkar dan Gerindra. Menurutnya, dinamika politik seperti itu merupakan suatu kewajaran.

"Jadi memang khusus tadi yang ditanyakan soal Banten, pilihan partai politik atau kedaulatan partai politik itu adalah hal yang biasa," jelas Dasco kepada wartawan, Rabu (31/7/2024).

Dia juga mengaku tidak mempermasalahkan apabila Golkar akhirnya berkoalisi dengan PDIP di Pilkada Banten 2024. Gerindra, lanjutnya, siap melawan koalisi Golkar-PDIP.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Edi Suwiknyo
Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper