Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bahlil Terpilih Secara Aklamasi Jadi Ketum Golkar, Ditetapkan Besok Pagi

Hampir seluruh pemegang hak suara dalam Munas Golkar, Selasa (20/8/2024) menyatakan dukungannya kepada Bahlil Lahadalia untuk menjadi Ketua Umum Golkar.
Pimpinan Sidang Munas Golkar ke-11, termasuk Ketua Adies Kadir menyampaikan keterangan pers usai Munas di Jakarta, Selasa (20/8/2024) - Bisnis/Dany Saputra.
Pimpinan Sidang Munas Golkar ke-11, termasuk Ketua Adies Kadir menyampaikan keterangan pers usai Munas di Jakarta, Selasa (20/8/2024) - Bisnis/Dany Saputra.

Bisnis.com, JAKARTA — Calon tunggal Ketua Umum Partai Golkar Bahlil Lahadalia dipastikan menang aklamasi. Pasalnya, berdasarkan Musyawarah Nasional (Munas) ke-11 Partai Golkar Bahlil mendapatkan mayoritas dukungan untuk menjadi Ketum Golkar 2024-2029.

Adapun, Munas Golkar pada Selasa (20/8/2024) diskors sampai dengan besok pagi, Rabu (21/8/2024). Selama bergulirnya rangkaian Munas Golkar malam ini, hampir seluruh pemegang hak suara menyatakan dukungannya kepada Bahlil Lahadalia untuk menjadi Ketua Umum Golkar menggantikan Airlangga Hartarto yang telah resmi mundur.

Wakil Ketua Umum Golkar, Adies Kadir, yang kini menjabat sebagai Ketua Pimpinan Sidang Munas ke-11, menyatakan bahwa proses Munas telah berjalan lancar.

Rangkaian acara Munas sejauh ini yang sudah bergulir yakni pembukaan, sidang paripurna 1,2,3, dan 4. Munas lalu diskors untuk dilanjutkan esok hari pada sidang paripurna ke-4.

Pimpinan sidang juga telah melaksanakan penyerahan panji-panji kebesaran Golkar, dan menyatakan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar 2019-2024 demisioner.

Plt. Ketua Umum Golkar, Agus Gumiwang, telah membacakan laporan pertanggungjawaban DPP 2019-2024. Pada konferensi pers usai sidang diskors, Adies menyatakan bahwa hampir seluruh pandangan umum dari pemegang hak suara menyatakan dukungan kepada Bahlil untuk memimpin Golkar lima tahun ke depan.

"Dari pemegang hak suara DPD 1 dan DPD 2 Golkar seluruh Indonesia, dan Hasta Karya, semua menyatakan bahwa mendukung bapak Bahlil Lahadalia untuk menjadi ketua umum DPP Golkar 2024-2029," kata Adies di Jakarta Convention Centre (JCC) Senayan, Selasa (20/8/2024).

Tidak hanya itu, Adies menyebut Menteri ESDM Kabinet Indonesia Maju tersebut turut ditetapkan sebagai Dewan Formatur Tunggal. Di sisi lain, peserta Munas Golkar juga menyatakan dukungan penuh untuk pemerintahan presiden dan wakil presiden terpilih, Prabowo Subianto–Gibran Rakabuming.

Berdasarkan pemberitaan sebelumnya, Golkar resmi menggelar rapat pimpinan nasional (rapimnas) dan musyawarah nasional (munas) ke-11 di JCC Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (20/8/2024).

Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Golkar Bambang Soesatyo (Bamsoet) menuturkan pelaksanaan rapimnas dalam rangka untuk melaksanakan amanat dari pengurus pleno DPP Partai Golkar.

"Acara rapimnas ini dihadiri oleh 500 peserta yang terdiri atas pengurus pleno DPP Partai Golkar Dewan Pembina, dewan kehormatan, dan dewan etik partai golkar," ujarnya, Selasa (20/8/2024). 


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dany Saputra
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper