Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PM Jepang Fumio Kishida Akan Mundur September 2024, Siapa Calon Penggantinya?

Berikut ini daftar nama yang masuk bursa pengganti Fumio Kishida untuk menjabat sebagai Perdana Menteri (PM) Jepang.
Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida. Dok. Reuters.
Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida. Dok. Reuters.

3. Yoko Kamikawa

Kamikawa saat ini menjabat Menteri Luar Negeri Jepang. Dia merupakan lulusan Universitas Harvard yang menjalankan perusahaan konsultannya sendiri sebelum terjun ke dunia politik. Jika terpilih, Kamikawa akan menjadi perdana menteri perempuan pertama di Jepang. 

Kamikawa dikenal karena upayanya untuk mempromosikan kandidat perempuan, sebuah perjuangan berat mengingat hanya sekitar 12% anggota parlemen LDP adalah perempuan. Kamikawa juga mendapat kecaman dari para aktivis karena menandatangani sebanyak enam belas eksekusi, termasuk enam anggota sekte Aum Shinrikyo, saat menjabat sebagai Menteri Kehakiman. Kamikawa juga merupakan seorang penutur bahasa Inggris.

4. Toshimitsu Motegi

Motegi saat ini menjabat sebagai Sekretaris Jenderal LDP dan merupakan mantan Menteri Luar Negeri. Belum lama ini, dia mengatakan Bank of Japan harus lebih jelas menunjukkan niatnya untuk menormalisasi kebijakan moneter.

Motegi juga merupakan lulusan Universitas Harvard dan memiliki citra sebagai pria tangguh di LDP. Analis politik mengatakan Motegi mungkin bisa meniru hubungan pribadi yang dibentuk oleh mendiang mantan Perdana Menteri Shinzo Abe dengan Donald Trump jika Trump memenangkan pemilihan presiden AS pada bulan November.

5. Shinjiro Koizumi

Shinjiro Koizumi adalah putra mantan perdana menteri Junichiro Koizumi yang menjabat pada 2001-2006 lalu. Dia menarik perhatian pada September tahun lalu karena berselancar di lepas pantai Fukushima dalam upaya untuk menenangkan kekhawatiran menyusul pelepasan air limbah yang telah diolah dari pembangkit listrik tenaga nuklir yang rusak di dekatnya. 

Sebagai mantan menteri lingkungan hidup dan pendukung energi terbarukan, Koizumi menyerang dukungan pemerintah terhadap pembangkit listrik tenaga batu bara. Dia juga menjadi berita utama karena menikah dengan seorang penyiar TV terkenal dan menjadi menteri kabinet pertama yang mengambil cuti ayah. 

Koizumi juga tidak terlalu menonjolkan diri sejak konferensi pers tahun 2019. Kala itu, dia ingin menjadikan perjuangan melawan perubahan iklim “seksi”, pernyataan yang dianggap oleh banyak orang di Jepang sebagai sebuah kesalahan. 

Sebagai tanda bahwa dirinya bersedia untuk melayani kepentingan negaranya, Koizumi membentuk kelompok lintas partai pada bulan November untuk mengadvokasi pengenalan aplikasi berbagi tumpangan untuk membantu mengatasi kekurangan pengemudi taksi.

6. Sanae Takaichi

Takaichi adalah seorang mantan drummer di band heavy metal yang berubah menjadi konservatif garis keras. Dia menyebut eks Perdana Menteri Inggris, Margaret Thatcher, sebagai inspirasinya. 

Meski saat ini menjabat sebagai Menteri Keamanan Ekonomi, keputusannya mendirikan kelompok belajar (study group)  pada November lalu menimbulkan keheranan karena dipandang sebagai sarana untuk mengumpulkan dukungan dalam pemilihan pemimpin partai.

Terpilihnya Takaichi sebagai pemimpin partai dan PM Jepang berpotensi membahayakan pemulihan hubungan Negeri Matahari Terbit itu dengan Korea Selatan serta akan memperburuk hubungan dengan China. Pasalnya, Takaichi merupakan pengunjung rutin Kuil Yasukuni, yang dianggap sebagai simbol militerisme Jepang di masa lalu. 

Adapun, Takaichi juga menganjurkan lebih banyak ketergantungan pada tenaga nuklir dan menyatakan keprihatinannya terhadap kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh panel surya. Takaichi adalah pengagum mendiang mantan Perdana Menteri Shinzo Abe dan dalam pencalonannya pada tahun 2021, dia menyatakan dukungan terhadap sikap kebijakan moneter ultra-longgarnya.

Halaman
  1. 1
  2. 2

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper