Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cara Mengetahui Judul Lagu dari Video

Lagu dalam video biasanya singkat sehingga cukup sulit untuk mengetahui judul lagunya. Berikut ini cara mengetahui judul lagu dari video.
Cara Mengetahui Judul Lagu dari Video/ Ilustrasi Hari Musik Nasional (Kominfo)
Cara Mengetahui Judul Lagu dari Video/ Ilustrasi Hari Musik Nasional (Kominfo)

Bisnis.com, JAKARTA -- Berikut ini ulasan cara mengetahui judul lagu dari video online.  Lagu dalam video biasanya singkat sehingga cukup sulit untuk mengetahui judul lagunya jika ingin mendengar secara lagu secara lengkap.

Kehadiran aplikasi video pendek seperti TikTok dan Instagram membuat video pendek populer, begitu juga dengan lagu yang digunakan. Lagu yang dipakai dalam video itu umumnya singkat sehingga sulit untuk mengetahui judulnya.

Tambah lagi jika lagu dalam video itu lagu baru. Nah, berikut ini 3 cara untuk mengetahui judul lagu dari atau dalam video yang dapat dicoba sesuai dengan kebutuhan. 

Cara Mengetahui Judul Lagu dari Video 


Mendapat atau melihat video dengan lagu menarik acap kali membuat penasaran perihal judul lagunya. Daripada menebak-nebak judul lagu atau memutar video berkali-kali guna menangkap syairnya, ini cara jitu untuk mengetahui judul lagu dari video.


1. Periksa Deskripsi Video dan Kolom Komentar 


Jika video sumber lagu berasal dari aplikasi media sosial seperti Instagram dan Tiktok, Anda bisa mencoba dengan cek deskripsi video. 

Lazimnya pada pencipta konten melampirkan atau memberikan sedikit informasi perihal lagu yang digunakan. Beberapa pencipta konten bahkan melampirkan link yang dapat diakses untuk menuju lagu asli.

Selain itu, lagu pada Instagram dan Tiktok biasanya dapat dicari dengan mudah karena kedua aplikasi itu menyediakan judul lagu yang dipakai sebagai lagu latar video. 

Jika tidak banyak informasi perihal lagu dalam video pada deskripsi video, maka Anda bisa mencoba dengan mengecek kolom komentar. Biasanya, ada juga pertanyaan serupa yang menanyakan perihal judul lagu dalam video.

Jika belum ada info lagu dari video tersebut, tidak ada salahnya jika bertanya langsung kepada sang pengunggah konten. 


2. Cara Ketahui Judul Lagu pakai Aplikasi Identifikasi Lagu

Jika masih kesulitan, cara selanjutnya untuk mengetahui judul lagu dari video ialah dengan menggunakan aplikasi. Salah satu aplikasi atau situs yang banyak direkomendasikan mengetahui judul lagu ialah Shazam. Selain itu ada banyak aplikasi serupa lainnya.  

Anda cukup mengunduh aplikasi tersebut lalu melakukan registrasi. Selanjutnya, aplikasi akan bekerja ketika anda meminta untuk mengetahui judul lagu dengan cara mendengarkan musik atau suara dari video yang diputar. 

3. Menggunakan Google Assistant


Cara mengetahui judul lagu dari video selanjutnya yang juga bisa dicoba ialah menggunakan Google Assistant, asisten virtual dari Google. 

Layanan Google Assistant dapat mengidentifikasi lagu dari berbagai sumber, termasuk nyanyian, siulan, senandung dan lainnya.

Berikut ini cara pakai Google Assistant untuk mengetahui judul lagu dari video:

  1. Aktifkan Google Assistant pada ponsel atau perangkat dengan mengetuk ikon pada beranda. Ucapkan "Hai Google" untuk memastikan Google Assistant sudah aktif. 
  2. Silakan bertanya pada Google Assistant seperti Apa judul lagu ini
  3. Putar video yang berisi lagu dari perangkat lain untuk didengarkan oleh Google Assistant
  4. Google Assistant akan menampilkan list lagu yang kemungkinan mendekati lagu dalam video yang diputar. 
  5. Anda bisa mengecek saran Google Assistant untuk memastikan judul lagu yang akurat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Thomas Mola
Editor : Thomas Mola
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper