Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wapres Ma'ruf Minta Kapolri Beri Pelatihan Keamanan Siber hingga ke Tingkat Polsek

Wapres Ma'ruf Amin memerintahkan Kapolri Listyo Sigit Prabowo untuk memberikan pelatihan keamanan siber ke semua anggota hingga tingkat Polsek.
Wakil Presiden RI (Wapres) Maruf Amin - Biro Setwapres.
Wakil Presiden RI (Wapres) Maruf Amin - Biro Setwapres.

Bisnis.com, JAKARTA - Wapres Ma'ruf Amin memerintahkan Kapolri Listyo Sigit Prabowo untuk memberikan pelatihan keamanan siber ke semua anggota hingga tingkat Polsek.

Ma'ruf mengatakan bahwa saat ini ancaman keamanan siber sedang menjadi perhatian serius pemerintah. Pasalnya, menurut Ma'ruf keamanan siber kini menjadi salah satu pilar utama di dalam pengembangan ekonomi digital nasional.

Dia mengatakan bahwa ancaman digital yang menyasar data nasional dan pribadi masyarakat membutuhkan penanganan intensif berupa langkah-langkah progresif oleh negara melalui kolaborasi Polri dengan lembaga lainnya.

"Tingkatkan kemampuan SDM aparatur di bidang siber agar bisa lebih responsif dan tanggap atas laporan masyarakat. Latih personel Polri dari tingkat Mabes sampai ke tingkat Polsek dengan melibatkan unsur-unsur terkait,” tuturnya di sela-sela Seminar Peserta Didik Sekolah Staf dan Pimpinan Tinggi (SESPIMTI) Polri Pendidikan Reguler (DIKREG) Ke-33 Tahun 2024, Kamis (08/08/2024)

Selain itu, Ma'ruf mengimbau Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo agar bisa memerintahkan seluruh jajarannya untuk cepat tanggap dalam menghadapi aduan masyarakat. 

Menurutnya, sikap cepat tanggap ini harus dipedomani oleh anggota Polri di seluruh tingkatan. Pasalnya, Polri memiliki fungsi pengamanan dan pengaturan masyarakat agar tercipta situasi dan kondisi keamanan dan ketertiban, Polri harus dapat menerima masukan masyarakat yang dilayaninya.

“Dengarkan saran kritik masyarakat dan tindak lanjuti secara nyata sesuai dengan prosedur yang ada. Aspirasi masyarakat merupakan dorongan untuk memberikan pelayanan keamanan dan ketertiban yang lebih baik lagi di masa mendatang,” kata Maruf.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper