Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Siapa Calon Wakil Presiden AS Pilihan Kamala Harris?

Kamala Harris telah bertemu dengan tiga kandidat cawapres AS: Senator Arizona Mark Kelly, Gubernur Pennsylvania Josh Shapiro, dan Gubernur Minnesota Tim Walz.
Wakil Presiden Amerika Serikat Kamala Harris berbicara di Halaman Selatan Gedung Putih di Washington, DC, Amerika Serikat. Bloomberg/Ting Shen
Wakil Presiden Amerika Serikat Kamala Harris berbicara di Halaman Selatan Gedung Putih di Washington, DC, Amerika Serikat. Bloomberg/Ting Shen

Bisnis.com, JAKARTA - Calon Presiden AS dari Partai Demokrat, Kamala Harris, dikabarkan telah bertemu dengan sejumlah kandidat calon wakil presiden untuk menghadapi pasangan Donald Trump - JD Vance dalam Pemilihan Umum Presiden AS 2024.

Melansir Bloomberg pada Senin (5/8/2024), Harris telah bertemu dengan setidaknya tiga calon wakil presiden pada Minggu waktu setempat. Ketiganya adalah Senator Arizona Mark Kelly, Gubernur Pennsylvania Josh Shapiro, dan Gubernur Minnesota Tim Walz.

Pertemuan tersebut merupakan bagian dari upaya terakhir Harris sebelum memilih siapa yang akan bergabung dengannya dalam pencalonan presiden 2024, yang diperkirakan akan ia umumkan dalam beberapa hari mendatang. Pertemuan tersebut selesai pada Minggu malam, kata seorang pejabat yang mengetahui proses tersebut.

Ketiga orang tersebut termasuk dalam daftar pendek calon wakil presiden, kata orang-orang yang mengetahui proses tersebut. Sumber tersebut juga menyebut, Harris juga berbicara dengan pesaing lainnya, hanya saja tidak secara langsung.

Nama-nama lain yang diusulkan menjadi calon wakil presiden untuk Harris diantaranya adalah Gubernur Kentucky, Andy Beshear, Menteri Transportasi Pete Buttigieg dan Gubernur Illinois JB Pritzker.

Komite Nasional Partai Demokrat berencana untuk mengumumkan pasangan calon presiden dan wakil presiden secara virtual pada 7 Agustus. Hal ini juga mengindikasikan bahwa pemilihan wakil presiden Harris akan rampung sebelum tenggat tersebut.

Partai Demokrat juga mengatakan pada 2 Agustus bahwa Harris telah mendapatkan cukup suara delegasi untuk memenangkan nominasi, sementara pemungutan suara dibuka hingga Senin.

Harris berencana untuk memulai tur ke tujuh negara bagian yang menjadi medan pertempuran pemillihan presiden pada minggu depan. Pasangan calon wakil presiden Harris dijadwalkan untuk bergabung dengannya pada 6 Agustus di Philadelphia.

Sebagian besar calon wakil presiden Harris memiliki profil tertentu: berkulit putih, laki-laki, dan berhaluan tengah. Pilihannya dapat meningkatkan daya tarik bagi pemilih di negara bagian swing-state, sekaligus mengurangi serangan Partai Republik yang menyebutnya sebagai liberal California.

Masuknya Harris telah merombak dinamika kampanye presiden AS. Harris yang saat ini merupakan Wakil Presiden AS aktif disebut dengan cepat mengumpulkan lebih dari $300 juta dana kampanye dan menghapus sebagian keunggulan mantan Presiden Donald Trump dalam jajak pendapat nasional. 

Pilihannya sebagai wakil presiden dapat menentukan apakah momentum tersebut akan terus mendorongnya atau melemah menjelang Hari Pemilihan. 

Presiden United Auto Workers Shawn Fain mendukung pilihan favoritnya, Beshear, yang bergabung dengan pekerja UAW yang melakukan aksi mogok di luar pabrik Ford Motor Co. di Louisville, Kentucky, tahun lalu. 

“Saya yakin pasangan Harris dan Beshear tidak akan terkalahkan,” kata Fain pada hari Minggu di acara CBS’s Face the Nation. Dia juga memuji Walz.

Shapiro bertemu dengan perwakilan Harris pada tanggal 31 Juli, meskipun tidak jelas apakah interaksi tersebut dilakukan secara virtual atau secara langsung.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper