Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menanti Langkah Kaesang, Pilih Temani Istri atau Pilkada Jateng?

Kaesang belum memastikan akan maju atau tidak dalam Pilkada Jateng. Sebaliknya ia mengaku akan menemani istri kuliah di luar negeri.
Ketua Umum PSI sekaligus putra Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep usai penyerahan rekomendasi pencalonan Pilkada serentak 2024 di Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Jumat (2/8/2024)/Bisnis-Reyhan Fernanda Fajarihza
Ketua Umum PSI sekaligus putra Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep usai penyerahan rekomendasi pencalonan Pilkada serentak 2024 di Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Jumat (2/8/2024)/Bisnis-Reyhan Fernanda Fajarihza

Bisnis.com, JAKARTA – Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep menjadi salah satu kandidat kuat dalam bursa calon gubernur Jawa Tengah. 

Meski demikian, putra bungsu presiden Joko Widodo alias Jokowi itu belum memberikan jawaban pasti apakah maju atau tidak dalam Pilgub Jawa Tengah.

Sebaliknya, Kaesang justru mengaku bakal menemani sang istri, Erina Gundono untuk melanjutkan studi magister di luar negeri.

Hal tersebut disampaikannya ketika ditanya perihal kelanjutan pencalonannya di Pilkada serentak, terkhusus di DKI Jakarta dan Jawa Tengah.

“Jawaban saya adalah saya akan menemani istri saya,” katanya usai penyerahan rekomendasi pencalonan Pilkada serentak di Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Jumat (2/8/2024).

Ketika ditanya ulang apakah keputusan tersebut berarti bahwa dirinya urung berkontestasi, putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu kembali mengulang perkataannya.

“Itu jawaban saya,” ujarnya singkat.

Ikuti Koalisi Prabowo

Terpisah, Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSI Raja Juli Antoni mengatakan bahwa langkah partainya di Pilkada serentak akan mengikuti langkah Koalisi Indonesia Maju (KIM).

Hal ini mencakup perihal nasib Kaesang maupun rekomendasi kader internal lainnya untuk diajukan sebagai bakal calon.

“Termasuk yang sering dihebohkan apakah Mas Kaesang di Jakarta dan Jateng, kami benar-benar akan memperhatikan rekomendasi dari KIM,” katanya di tempat yang sama.

Sementara itu, terkait keinginan Kaesang untuk mengikuti istrinya bertolak ke luar negeri, Raja mengatakan bahwa hal tersebut merupakan pilihan personal.

“Tentu pada saatnya [Kaesang] akan mengambil keputusan pribadi. Tapi kalau melihat animo masyarakat dan rekomendasi kader di bawah, Mas Kaesang lebih didorong ke Jawa Tengah daripada Jakarta,” pungkas dia.

Elektabilitas Kaesang

Lembaga Survei Indonesia (LSI) membuat simulasi top of mind atau yang disebut pertama kali oleh responden sebagai bakal calon gubernur pada Pilkada Jateng.

Survei dilakukan pada periode 21–26 Juni 2024 dengan target survei adalah warga negara Indonesia di Jateng yang berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah dan memiliki telepon. Wawancara survei ini menggunakan metode telepon.

Hasilnya menunjukkan nama Ahmad Luthfi menjadi nama yang paling banyak disebut responden dengan elektabilitas 5,2%. Kaesang Pangarep berada di posisi berikutnya dengan 2,5%, sedangkan Sudaryono mencatatkan 2,1%.

Dalam survei berbeda yang dirilis oleh Indikator Politik Indonesia, Kaesang Pangarep sebaliknya menjadi sosok terpopuler untuk dipilih jika mencalonkan diri menjadi calon Gubernur Jawa Tengah pada Pilkada Serentak 2024.

Berdasarkan survei pada 10–17 Juni 2024, Indikator Politik Indonesia melaporkan ada 10 nama yang diajukan kepada 800 orang responden di wilayah Jawa Tengah dengan margin of error 3,5% dan tingkat kepercayaan 95%.

Hasilnya, nama Kaesang Pangarep mendapatkan suara tertinggi yakni sebesar 22,8%. Ahmad Luthfi menyusul dengan elektabilitas 18,7%, kemudian ada Taj Yasin Maimoen (12,7%).


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper